Duo Pembalap Honda Pakai Swingarm Karbon di Thailand Share this
MotoGP
Mode baca

Duo Pembalap Honda Pakai Swingarm Karbon di Thailand

Denny Basudewa
pada 19 Februari 2018

Foto: Marq Marquez di Buriram Circuit

BURIRAM – Dua pembalap Repsol Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa terlihat menggunakan swingarm berbahan karbon pada saat sesi tes pramusim, di sirkuit Buriram, Thailand akhir pekan lalu.

Mereka mendominasi sesi tes pramusim MotoGP. Menariknya adalah kedua pembalap asal Spanyol tersebut menggunakan lengan-ayun atau swingarm model baru. Perangkat ini memiliki bobot lebih ringan, daripada alumunium yang banyak digunakan pabrikan lain.

Bagi Marquez, swingarm berbahan karbon ini merupakan pertama kalinya digunakan di Thailand. Namun dirinya mengatakan bahwa belum memutuskan, akan menggunakan perangkat terbarunya pada balapan nanti.

“Kami mencoba beberapa kondisi sirkuit namun tidak sepanjang hari. Dengan ini kami bisa membandingkan yang terbaik untuk kami. Kami belum bisa mendapatkan performa 100 persen jelasnya,” ucap Marquez seperti Crash.net.

Berbeda kondisinya dengan Pedrosa yang telah mencoba perangkat baru tersebut di sirkuit Sepang, Malaysia, beberapa waktu silam. Pembalap yang berhasil tampil tercepat di Buriram ini, merasa positif dangan swingarm barunya.

“Ini adalah model yang sama di Sepang. Tapi ini adalah versi pertama dan belum bisa dijadikan patokan. Ini adalah hal positif karena Honda bekerja keras untuk membantu kami mengembangkan kecepatan,” jelas Pedrosa.

Pedrosa mengatakan lebih lanjut bahwa dengan swingarm baru, Ia merasa grip ban lebih baik. Namun kekurangannya adalah getaran lebih banyak. Terutama jika menggunakan ban bekas pakai, getaran pada motor terasa lebih kencang. [Dew/Ari]


Komentar