Ducati XDiavel Dijiplak Habis oleh Benelli 402S Share this
Motor Baru
Mode baca

Ducati XDiavel Dijiplak Habis oleh Benelli 402S

Denny Basudewa
pada 02 Januari 2018

Foto: Benelli 402S

BEIJING – Benelli hadirkan 402S dengan desain yang sangat mirip dengan Ducati XDiavel.

Banyak orang yang tidak suka hasil karyanya ditiru orang lain. Penjiplakan pada umumnya menjadi sebuah penghinaan bagi sebagian orang. Terlebih jika dilakukan oleh kompetitor seperti Benelli yang meluncurkan motor dengan desain sangat mirip dengan salah satu produk Ducati yakni XDiavel.

Benelli merupakan manufaktur sepedamotor asal Italia yang kini saham terbesarnya dimiliki produsen asal China. Di bawah kendali Zhejiang Qianjiang Motorcycles, Benelli 402S memang tampil layaknya Ducati XDiavel.

Dan seperti kita ketahui, pabrikan kendaraan China kerap kali melakukan penjiplakan. Anda mungkin masih ingat betapa berangnya pabrikan mobil legendaris Land Rover terhadap pabrikan mobil China yang serta merta meng-copy habis model Range Rover Evoque.

Apa sama seperti kasus tadi, yang Zhejiang Qianjiang Motorcycles lakukan terhadap produk terbarunya memang bisa dibilang penjiplakan. Karena mulai dari lampu depan, hingga bagian buritan kendaraan sama persis dengan Ducati XDiavel. Perbedaan yang tidak bisa ditutupi hanyalah bagian mesinnya saja.

Benelli 402S disokong dengan mesin 399cc parallel-twin. Jantung mekanis tersebut diklaim dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 39hp. Sementara torsi puncak Ducati XDiavel palsu ini dikatakan mencapai 35 Nm.

Ducati Diavel Palsu Benelli 402S

Bobot kendaraan buatan Tiongkok ini hanya 159 kilogram, terpaut setengahnya dari Ducati XDiavel yang mencapai 234 kilogram. Meskipun buatan China, namun motor ini tetap menggunakan komponen terkini seperti suspensi up-side down, adjustable rear shock, sepasang kaliper empat piston, dan rem ABS.

Meskipun memiliki desain yang keren, dan menggunakan beberapa komponen canggih, nampaknya Benelli 402S hanya akan dipasarkan di China. Sementara di negaranya sendiri, motor ini baru akan dipasarkan awal 2018 mendatang. [Dew/Ari]


Komentar