Ducati Superleggera V4 Dijual Hanya 500 Unit Share this
Motor Baru
Mode baca

Ducati Superleggera V4 Dijual Hanya 500 Unit

Denny Basudewa
pada 08 Februari 2020

Foto: Ducati Superleggera V4

BOLOGNA – Ducati secara resmi meluncurkan Superleggera V4 yang merupakan superbike paling kencang dan berbalut teknologi canggih.

Berbekal dari basis Panigale V4, Superleggera kian melesat dengan menggunakan chassis, swingarm dan rumah-roda serat karbon. Seperti telah diwartakan sebelumnya berdasarkan spesifikasi yang bocor. Pastinya bobot motor secara keseluruhan berkurang 6.7 kilogram.

Motor ini menggunakan mesin Desmosedici Stradale R yang ringan dan paling bertenaga. Adapun jantung pacunya memiliki kapasitas 998 cc V4 yang diklaim lebih kencang dari mesin 1.103 cc V4 sekalipun.

Motor yang kencang harus memiliki aerodinamika baik agar bisa lebih melesat dalam kecepatan tinggi. Ducati Superleggera V4 dibekali biplane aerofoils atau sederhananya winglet yang terinspirasi dari MotoGP. Komponen aerodinamika tersebut mampu memberikan daya tekan atau downforce hingga 50 kg pada kecepatan 270 km/jam.
Superleggera V4 dikatakan mampu dipacu hingga 234 km/jam dengan menggunakan knalpot Akrapovic, serta beberapa komponen racing lainnya.

Guna menjamin handling yang baik, motor ini menggunakan suspensi Ohlins NPX25/30. Lagi-lagi komponen berbahan titanium melekat pada kendaraan ini. Seperti yang mereka lakukan pada per suspensi Ohlins.

Dalam segi keselamatan, paket Brembo dengan spesifikasi tertinggi yang pistonnya dilengkapi dengan radiator dan coating. Motor yang pada awalnya dinamakan Project 1708 dibuat terbatas jumlahnya sehingga, mereka menempatkan nomor seri pada beberapa bagian motor.

Ducati Superleggera V4 kabarnya akan dipasarkan dengan harga Rp 1.366 miliar di negara asalnya. Ducati berencana untuk memproduksi motor ini sebanyak 5 unit setiap harinya dengan total produksi hanya 500 unit. Para konsumen yang telah memesan, baru bisa mengendarainya pada Juni 2020. [Dew/Idr]


Komentar