Ducati Streetfighter V4 Buas nan Rupawan Share this
Motor Baru
Mode baca

Ducati Streetfighter V4 Buas nan Rupawan

Denny Basudewa
pada 26 Maret 2020

Foto: Ducati Streetfighter V4

JAKARTA – Ducati akhirnya merilis motor buas terbarunya DucatiStreetfighter V4 dalam balutan live streaming.

Ducati Streetfighter V4 dikatakan merupakan perwujudan Panigale V4 yang dilucuti fairingnya. Dengan konfigurasi setang tinggi dan lebar, bobot 178 kilogram serta didukung mesin Desmosedici Stradale juga sayap biplan, menghasilkan motor yang kencang namun tetap dibalut dengan tampilan nan rupawan.

Motor yang desainnya dinobatkan sebagai tercantik pada ajang EICMA 2019 ini, dirancang dengan terinspirasi dari karakter Joker. Jeremy Faraud yang merupakan sosok perancang kendaraan ini menegaskan bahwa Streetfighter V4 memiliki dualisme karakter yakni agresif dan menyenangkan di lintasan balap, namun tetap bersahabat di jalan raya.

Sebagai motor telanjang -tanpa fairing-, Streetfighter V4 memiliki tingkat kenyamanan yang lebih baik daripada Panigale V4. Seperti telah disebutkan di atas, setang lebar dan tinggi, lalu pijakan kaki yang lebar serta tempat duduk yang rendah, memberikan akses lebih leluasa dalam mengendalikan tunggangan.
Meskipun tanpa fairing, Ducati tetap memperhatikan unsur aerodinamis pada produk terbarunya. Maka dari itu hadirlah sayap ungil bi-plane yang kerap diperlihatkan pada motor-motor Ducati di MotoGP. Komponen mungil tersebut mampu menjaga kendaraan tetap stabil ketika berakselerasi maupun manuver.

Ducati Streetfighter V4 memiliki modal kuat untuk bisa melesat cepat karena didukung mesin 1.103 V4 yang sama dengan Panigale V4. Jantung mekanis tersebut mampu menghasilkan daya 208 hp pada 12.750 rpm dengan torsi puncak sebesar 123 Nm pada 11.500 rpm.

Dikatakan bahwa final ratio motor ini lebih pendek daripada versi fairing (Panigale V4). Sehingga mampu menghasilkan torsi lebih besar 10 persen. Untuk konsumen yang menginginkan performa lebih, mereka bisa menanamkan satu paket knalpot dari Akrapovic yang dirancang khusus Streetfighter V4. Dengan perangkat tersebut, tenaganya melonjak hingga 220 hp dan torsinya 130 Nm.

Streetfighter V4 hadir dengan berbagai fitur baru yang lebih canggih seperti 6-axis Inertial Measurement Unit (6D IMU): ABS Cornering EVO; Ducati Traction Control (DTC) EVO 2; Ducati Slide Control (DSC); Ducati Wheelie Control (DWC) EVO; Ducati Power Launch (DPL); Ducati Quick Shift up/down (DQS) EVO 2; Engine Brake Control (EBC) EVO.
Motor ini telah dibekali dengan tiga mode berkendara yakni Race, Sport dan Street. Berkendara dengan Street fighter V4 juga semakin menyenangkan, karena dukungan Full TFT 5 Screen dan semua pencahayaan kendaraan, telah menggunakan LED dan adapula DRL..

Ducati Streetfighter V4 ditawarkan dengan satu pilihan warna yakni Red with dark grey frame and black wheels. Motor ini baru mendarat di dealer-dealer Ducati pada April 2020 dengan perkiraan harga mencapai Rp 321 juta. [Dew/Idr]


Komentar