Ducati Menolak Penggunaan Winglet Berbahaya Share this
MotoGP
Mode baca

Ducati Menolak Penggunaan Winglet Berbahaya

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 04 Mei 2016

Foto: Ducati membantah jika winglet berbahaya

JAKARTA - Belakangan ini muncul wacana agar penggunaan winglet di bagian depan fairing dilarang karena dinilai berbahaya untuk pembalap bila terjadi tabrakan. Berbagai pro dan kontra bermunculan termasuk dari tim Ducati.

Ducati malah menantang bila ada yang menyebut penggunaan komponen aerodinamika itu berbahaya. Demikian dikatakan Gigi Dall'Igna, manajer Ducati Corse. Menurut Ia, ada sejumlah tim yang ingin menghentikan keunggulan Ducati dalam hal aerodinamika dengan 'dalih' keamanan.

"Ada banyak yang membicarakan tentang masalah keselamatan winglet, tapi jujur ​​saya tidak berpendapat apa-apa jika telah terjadi yang dapat membawa kita untuk mengatakan bahwa winglet memang berbahaya," ucap Gigi.

Pada GP Argentina, dalam rekaman video terlihat winglet pada motor ditunggangi Andrea Iannone mendekati badan pembalap Repsol Honda Marc Marquez. Memang peraturan penggunaan komponen winglet belum jelas.

Komisi Grand Prix pun tidak menyalahi penggunakan aksesori tersebut. Pasalnya mereka masih menunggu proposal dari MSMA (asosiasi pabrikan) terkait perangkat aerodinamika winglet.

Terkait pro dan kontra, Gigi Dall'Igna malah sangat legowo bila pelarangan penggunaan winglet dibatasi dengan alasan yang masuk akal dan dari aspek intelektual atau dengan peraturan yang lebih jelas dan lebih terinci.

Belakangan dikabarkan Ducati cukup gencar mengembangkan winglet untuk mengimbangi motor Desmosedici yang terbilang agresif. Dengan komponen tersebut motor Ducati menjadi lebih stabil dan memberi keuntungan pembalap saat masuk dan keluar tikungan. [Ikh/Idr]


Komentar