DRE 2 Lestarikan Budaya Cirebon Share this
Berita Mobil
Mode baca

DRE 2 Lestarikan Budaya Cirebon

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 21 February 2017

Foto: Datsun Risers Expeditions 2 kunjungi kota Cirebon

CIREBON - Datsun Risers Expeditions (DRE) 2 mengunjungi Kota Cirebon dan sekitarnya guna mebuktikan kemampuan, daya tahan dan ketangguhan Datsun GO dan GO+ Panca.

Datsun Risers Expedition 2 kali ini diawali dengan Datsun Karnaval di Stadion Bima Cirebon yang menampilkan pameran kesenian lokal dan pertunjukan budaya. Peserta juga berkunjung ke Keraton Kasepuhan untuk bertemu dengan Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Arief Natadiningrat dan menyaksikan tarian Bedaya Pakungwati.

Setelah dari Keraton Kasepuhan, risers menuju ke Masjid Agung Cipta Rasa. Ini merupakan masjid tertua di Cirebon yang didirikan pada 1480.

Dalam ekspedisi ini, risers juga mendapatkan kesempatan untuk dapat bertemu dengan dua local heroes Cirebon, yaitu Inu Kertapati (36) dan Katura AR (58). Kedua sosok pahlawan ini secara aktif mengangkat budaya Cirebon baik itu untuk turis lokal maupun internasional.

Inu adalah putra mendiang Sujana Arja, seorang maestro tari Topeng Cirebon. Inu mengikuti jejak ayahnya dalam seni dan tari. Sedangkan Katura dikenal dengan berbagai usahanya dalam melestarikan Batik Cirebon.

"Sejalan dengan nilai-nilai utama Datsun yaitu Dream, Access dan Trust, kami ingin terus menyediakan akses yang lebih baik lagi bagi para risers untuk mempelajari budaya setempat, sekaligus mengapresiasi para local heroes yang telah berkomitmen melestarikan budaya dan memberdayakan masyarakat," tutur Hana Maharani, Head of Communications NMI.

dre 2

Dalam ekspedisi ini, Datsun juga akan menyumbangkan buku, perlengkapan belajar dan mengadakan kelas Insipirasi bagi para murid di Madrasah Diniyah Khairul Huda di Salem, Brebes. Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya Datsun untuk mendukung pendidikan dan pemberdayaan masyarakat ke depannya.

Sejak pertama kali digelar pada tahun lalu, program dari PT Nissan Motor Indonesia (NMI) ini telah berhasil menaklukkan belasan ribu kilometer berkeliling Indonesia. Datsun Risers Expeditions telah melewati lebih dari 150 kota tanpa berganti mobil.

Datsun Risers Expedition bertujuan untuk membuktikan kualitas performa Datsun GO dan GO+ Panca melalui pengalaman berkendara di beberapa rute menantang di Indonesia serta menunjukkan luasnya jaringan sebanyak 112 dealer di seluruh Indonesia.

"Dalam ekspedisi ini, risers akan melewati berbagai jalan dengan keadaan yang berbukit, berlubang, rusak dan tidak rata. Namun, dengan torsi mesin yang besar, akselerasi bertenaga dan suspensi baik maka tantangan ini dapat dilewati. Hal ini membuktikan Datsun sebagai mobil handal dengan memberikan kenyamanan, kemudahan dan ketenangan dalam berkendara," tambah Hana.

Tahun lalu, program ini telah berhasil menyumbangkan 5.000 buku untuk lebih dari 1.000 anak-anak di setiap daerah yang dikunjungi. DRE 2 sendiri telah diselenggarakan di beberapa pulau di Indonesia sejak Agustus 2016 hingga Maret 2017.

Datsun Risers Expedition 2 telah dimulai di kota Aceh dan akan berakhir di Makassar. Informasi lebih lanjut mengenai DRE tersedia di www.datsun.co.id/dre. [Amo/Ikh]


Komentar