Sirkuit Kymi Ring akan Diuji Agustus 2019 Share this
MotoGP
Mode baca

Sirkuit Kymi Ring akan Diuji Agustus 2019

Ary Dwinoviansyah
pada 11 Maret 2019

DOHA — Sirkuit Kymi Ring, Finlandia, bakal menjalani pengujian perdananya oleh tim MotoGP pada 19-20 Agustus 2019. 

Seperti diketahui sebelumnya, Finlandia akan kembali menjadi penyelenggara MotoGP 2020-2024. Wajah baru dari Kymi Ring pun kabarnya sudah rampung digarap. Untuk itu, Dorna Sports selaku penyelenggara balapan sudah menetapkan rencana untuk menguji kelaikan sirkuit tersebut. 

Artinya, para pembalap maupun tim kedapatan tugas baru yang pasti bakal menyibukkan mereka. Pasalnya, tes 2 hari tersebut mengambil jatah liburan musim panas MotoGP 2019. Selain itu, cukup mepet karena berlangsung sepekan sebelum balapan MotoGP Silverstone, Inggris (25 Agustus 2019). 

Meski begitu, para peserta harus menjalaninya. Apalagi, tes ini ditujukan kepada tim serta teknisi untuk mengambil data sirkuit sebelum perhelatan MotoGP Finlandia, 2020 mendatang. Tapi, belum bisa dipastikan apakah sesi itu bakal diikuti pembalap utama. Bisa jadi mereka hanya akan mengutus pembalap penguji saja untuk mendapatkan data awal untuk persiapan motor di Kymi Ring. 

Namun, pihak Dorna Sports menyatakan tes itu bukanlah satu-satunya. Mereka akan terus melakukan tes lanjutan. Baik setelah MotoGP Inggris atau pun digelar bersamaan dengan tes resmi di Misano, 29-30 Agustus 2019. 

Finlandia kembali lagi setelah 35 tahun absen menjadi penyelenggara. Sirkuit Kymi Ring dijanjikan menjadi arena menantang untuk para pembalap dengan panjang lintasan 4,6 km. Sirkuit yang berlokasi 110 km dari ibukota Helsinki ini juga dapat menampung penonton lebih dari 100 ribu orang. Selain itu, Kymi Ring juga memiliki spesifikasi Grade 1 yang artinya bisa digunakan untuk menggelar balapan Formula 1. [Ary/Ari]


Komentar