Dovizioso Mengaku Sulit Kalahkan Lorenzo Share this
MotoGP
Mode baca

Dovizioso Mengaku Sulit Kalahkan Lorenzo

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 20 September 2018

Foto: Dovizioso dan Lorenzo di MotoGP Misano.

TUSCAN - Andrea Dovizioso mengakui Jorge Lorenzo sekarang lebih baik ketimbang dirinya ketika menunggangi Ducati Desmosedici GP18.

Perjalanan MotoGP 2018 akan segera berlanjut ke Aragon, Spanyol akhir pekan ini (23/9). Namun, ada sedikit cerita khususnya dari tim Ducati Corse di Sirkuit Misano beberapa waktu lalu.

Hal tersebut terkait performa kedua rider mereka. Dovi memang mampu memenangkan balapan di MotoGP Misano. Tapi, Ia menyebut sempat kesulitan mengejar Lorenzo ketika tengah memimpin balapan.

Ia menganalisa keunggulan Lorenzo adalah saat memasuki tikungan. Menurutnya, Lorenzo mengerem dengan lembut di awal tikungan dan kemudian melakukannya lebih keras di titik pengereman sektor tersebut. Cara tersebut lah yang tak bisa diikuti Dovi dengan GP18 tunggangannya.

"Gaya kami agak berbeda. Ketika masuk tikungan, dia juga sangat dekat dengan sisi dalam tikungan. Ini alasan kenapa saya sangat sulit melewatinya," kata Dovi.

Pembalap Italia itu menambahkan, gaya Lorenzo ini sangat berbeda jika dibandingkan sebelumnya. Perubahan itu pun berdampak kepada peningkatan performa Lorenzo bersama Ducati.

"Ini berlawanan dengan gaya normalnya sejak tahun lalu dan saat masih bersama Yamaha," sahut Dovi mengapresiasi Lorenzo.

Akan tetapi, perkembangan Lorenzo di Ducati tentu saja bukan semata-mata karena gaya balap saja. Lorenzo mengklaim turut berpartisipasi terhadap pengembangan Desmosedici GP18.

"Saya membantu mereka untuk meningkatkan kelemahan yang dimiliki. Dan, tentu saja sekarang motor Ducati sangat lengkap," ujar Lorenzo.

Namun, tahun depan Lorenzo harus meninggalkan tim ini dan bergabung bersama Repsol Honda. Pastinya juga Lorenzo bakal ambil peran dalam development Honda RC213V. [Ary/Ari]


Komentar