DN Compagno Concept Buktikan Desain Retro Daihatsu Masih Menarik Share this
Mobil Konsep
Mode baca

DN Compagno Concept Buktikan Desain Retro Daihatsu Masih Menarik

Adi Hidayat
pada 11 Oktober 2017

Foto: DN Compagno Concept

TOKYO – Daihatsu membawa kembali nuansa retro pada mobil konsepnya yaitu DN Compagno Concept.

Mobil yang akan dipamerkan pada ajang Tokyo Motor Show 2017 ini menggunakan desain Vignale yang pernah diproduksi tahun 1960-an.

Meski DN Compagno concept adalah mobil empat-pintu, namun Daihatsu berhasil membuatnya seperti mobil dua-pintu. Handle pintu belakang disembunyikan pada pilar C dan dilapisi warna hitam sehingga seakan menyatu dengan kaca.

Kesan futuristik hadir berkat penggunaan atap berwarna hitam yang menyatu dengan kaca depan dan belakang. Selain itu grille yang melebar ditambah dengan desain foglamp menyipit menjadikan mobil terlihat lebih apik.

Meski tampilannya retro namun mesin yang digendongnya bukanlah mesin jadul. Daihatsu menyebut bahwa mobil ini telah menggunakan mesin 1.0-liter turbocharged. Namun tidak menutup kemungkinann Daihatsu juga akan menyematkan mesin 1.2 liter yang dikawinkan dengan teknologi hybrid.

Menghidupkan kembali desain-desain lama dengan sentuhan modern memang sepertinya saat ini sedang tren. Selain Daihatsu, Honda juga sudah mengenalkan Urban EV Concept di Frankfurt Motor Show 2017 yang menggunakan desain Honda Civic generasi pertama.

Meski menggunakan desain retro namun teknologi yang digunakan adalah teknologi terbaru dan merupakan salah satu mobil listrik rancangan Honda. Meski masih konsep, namun Honda menyatakan bahwa mobil tersebut akan segera diluncurkan bahkan sebelum 2020.

“Ini bukanlah visi yang jauh di depan. Versi produksinya aka nada di Eropa tahun 2019,” ungkap Honda CEO Takahiro Hachigo.

Kini kita tinggal menunggu, akankah Daihatsu akan berani untuk benar-benar meluncurkan mobil konsep tersebut menjadi sebuah kenyataan, atau memang hanya menjadi konsep yang masih perlu waktu lama untuk menjadi model produksi. [Adi/Ikh]


Komentar