Diecast di Mata Pecinta Fotografi Share this

Diecast di Mata Pecinta Fotografi

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 15 Januari 2016

JAKARTA - Bagi sebagian orang, diecast adalah seni. Nah, seni miniatur mobil ini terlihat lebih menarik ketika dikombinasikan dengan seni lain yakni fotografi. Yup, inilah yang dilakukan oleh Diecast Photography.

Bagi komunitas ini, miniatur bukan hanya barang pajangan karena harus pula bisa dinikmati banyak orang.

Namun, bermodal alat-alat kamera telepon genggam, atau kamera DSLR, miniatur pun menjadi barang menarik lewat jepretan kamera. Asik kan! Adalah komunitas Diecast Photography yang dipunggawai oleh Tomy' TZN Work (founder), Thomas de Robotz, Ukie hakeem, Andri Dopeng, Michael Gunawan, Mico, Hendra Pribady.

Memang komunitas diecast photography menjamur di Indonesia, namun menurut komunitas yang telah memiliki 3.092 member (dari berbagai negara dan mayoritas berasal dari Indonesia) ini hanya menitikberatkan pada diecast, tujuannya agar fokus pada objek yang dijepret.

Irwan Nurfiandy, salah satu member komunitas Diecast Photography menegaskan, member kebanyakan sebagai kolektor diecast sekaligus pecinta photography, jadi apa salahnya mengasah skill photography khususnya objek-objek diecast.

Komunitas ini juga sebagai sarana belajar bersama dan berbagi pengetahuan tentang seni fotografi itu sendiri. Di samping itu memiliki misi menyambung silaturahmi dan memperbanyak teman. Dengan memiliki banyak teman, bertambah juga skill photography, asal mau banyak bertanya.

garage-irdeto-1

Jangan lupa, komunitas Diecast Photography ini kerap kumpul, sebab mereka memiliki 'event gathering' sebagai ajang jumpa dan hunting spot photo. Di ajang tersebut member dipersilakan bertanya alat apa yang mesti digunakan untuk keperluan foto.

Di sisi lain kamu bisa lebih bebas mengendalikan, mengeksplor dan bereksperimen dengan setiap angle kamera untuk memperoleh hasil jepretan terbaik.

Untuk ajang temu kangen itu setidaknya minimal setahun sekali. Tapi jika tidak ada kegiatan, komunitas ini turut hadir meramaikan suatu acara diecast nasional.

Nah, komunitas ini bisa sangat mudah ditemui melalui Group Facebook Diecast photography. Para punggawa dan member komunitas Diecast Photography siap menyambut dan melayani Anda sepenuh hati. Jadi jangan malu-malu kucing. Silakan bergabung di group ini.

Sebagai catatan, komunitas Diecast Photography berdiri sekitar 2 tahun silam atau tepatnya pada bulan Maret 2013. Selain kegiatan-kegiatan tadi, komunitas ini pernah menyelenggarakan lomba foto diecast di Balai Kartini, Jakarta yang saat itu disponsori oleh salah satu brand telepon genggam. [Ikh/Idr]


Komentar