Detail Ubahan Baru Suzuki Nex II Share this
Motor Baru
Mode baca

Detail Ubahan Baru Suzuki Nex II

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 24 April 2018

JAKARTA - Suzuki Nex II tampil dengan detail lebih stylish pada kelima variannya. Mulai dari pilihan warna hingga aksesoris penunjang berkendara.

Bertepatan dengan penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan generasi terbaru Skutiknya yakni Suzuki Nex II. Penampilan barunya ini diklaim sangat cocok untuk kaum muda yang enerjik.

Setidaknya ada enam ubahan yang dilakukan pihak pabrikan terhadap generasi kedua Suzuki Nex ini. Mulai dari desain head lamp LED yang lancip, floor board dan kompartemen di bawah setang yang makin luas, USB charger, cover knalpot baru hingga 3D emblem logo.

Suzuki Nex II IIMS 2018

Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, lampu sein Suzuki Nex II sudah terintegrasi dengan lampu utama. Sementara Nex lawas masih terpisah, meski seakan menyatu.

Secara dimensi, Suzuki Nex II memiliki ukuran lebih besar, 1.890 mm x 675 mm x 1.045 mm (P x L x T). Sementara pendahulunya adalah 1.850 mm x 665 mm x 1.035 mm. Begitu pula dengan beratnya di mana model anyar ini lebih berat 3 kg (93 kg) dibanding Suzuki Nex lama (90 kg).

Meski begitu, jenis mesinnya masih sama dengan Nex generasi pertama yaitu SOHC 4 langkah satu silinder. Hanya saja, sistem kelistrikan Suzuki Nex II kini sudah DC. Berbeda dengan Nex pertama yang masih AC. Satu lagi, kapasitas tangki BBM Suzuki Nex II juga bertambah sedikit dari 3,5 liter menjadi 3,6 liter.

Pengembangan lain Suzuki Nex II juga meliputi pengaplikasian teknologi bernama Suzuki Eco Performance (SEP) dan Suzuki Easy Start System.

Pihak Suzuki Indonesia memang belum menyebutkan harga resmi Suzuki Nex II. Namun, mereka sudah merilis dengan lengkap lima varian yang tersedia pada skutik bermesin 115 cc ini.

Perbedaan kelimanya terletak pada aksesoris yang diterapkan pabrikan. Mulai dari varian tertinggi yaitu Suzuki Nex II Sporty Runner. Model ini sudah dilengkapi LED headlight, USB charger, sporty body striping set, meter visor, cover muffler dan rim decal. Pilihan warnanya adalah briliant white, stronger red dan titan black.

Kedua adalah tipe Fancy Dinamic. Pembeli varian ini akan mendapatkan kelengkapan seperti LED headlight, LED lamp line, USB charger, dynamic body striping set dan rim decal. Warna yang ditawarkan adalah briliant white, stronger red dan titan black.

Ketiga, Suzuki Nex II Elegent Premium. Berbeda dengan kedua model di atas, tipe ini justru menyajikan tampilan yang simple nan berkelas dengan penggunaan warna solid mat stellar blue dan solid black. Selain itu aksesoris yang didapat konsumen meliputi LED headlight, USB charger, floor board guard dan cover muffler.

Empat yakni Suzuki Nex Elegant yang juga punya varian warna serupa dengan tipe Elegant Premium. Hanya saja, unit ini tidak dilengkapi perangkat charger di kompartemen. Kelima merupakan Suzuki Nex II standar dengan pilihan warna briliant white, stronger red dan titan black.

Sayang, khalayak belum mengetahui harga resminya. Suzuki Indonesia berencana mengumumkannya setelah IIMS 2018 sekaligus mempersiapkan permintaan di Jakarta Fair Kemayoran mendatang.

Pihak PT SIS meyakini harga Suzuki Nex II akan kompetitif karena harga varian terbawahnya disebut lebih murah ketimbang pesaing sekelas. [Ary/Ari]

Suzuki Nex II Kompartemen di bawah setang Suzuki Nex II luas dan tersedia USB charger

Pijakan kaki Suzuki Nex II yang luas memberikan kenyamanan selama berkendara

Panel meter Suzuki Nex II masih analog


Komentar