Dealer Mobil di India Belum Jadi Tempat 'Ngopi' Share this
Berita Mobil
Mode baca

Dealer Mobil di India Belum Jadi Tempat 'Ngopi'

Adi Hidayat
pada 06 November 2019

NASHIK — Mahindra mengakui bahwa dealer-dealer mobil di India masih hanya sekedar tempat untuk membeli dan merawat kendaraan.

Kondisi ini sedikit berbeda dengan Indonesia, khususnya Jakarta yang sudah menjadikan dealer sebagai tempat untuk hangout. Hingga saat ini di India, khususnya untuk brand Mahindra, belum ada dealer dengan konsep seperti itu.

"Saat ini belum ada. Dealer masih menjadi tempat untuk jual beli dan merawat kendaraan. Namun untuk tempat hangout belum. Kami memberikan kenyamanan dengan memberikan lounge untuk pengunjung,” ungkap Sakthi Krishna, Senior Manager – South East Asia International Operations-Automotive Sector Mahindra & Mahindra.

Sementara itu khusus di kota-kota besar, mereka menambahkan kenyamanan dengan pelayanan pantry. Namun, itu pun tidak di seluruh dealer melainkan beberapa dealer dengan penjualan yang cukup baik.

“Kota besar sepeti di New Delhi kami melengkapi dealer kami dengan pantry dan itu mendapat sambutan positif. Sedangkan untuk dealer yang dilengkapi dengan cafe dan sebagainya seperti di Jakarta, kami tidak punya,” ungkapnya.

Sementara itu di Indonesia, kondisinya sedikit berbeda. Beberapa brand kendaraan sudah memiliki konsep dealer yang lebih lengkap dan nyaman sehingga bisa dimanfaatkan untuk hal lain, selain jual beli kendaraan merawat kendaraan.

Meski demikian, sejumlah fasilitas menarik juga sudah melengkapi dealer ini. Salah satunya adalah dengan adanya gadget yang bisa menggantikan fungsi dari brosur kertas. Selain bisa menampilkan segala keunggulan kendaraan yang diinginkan, gadget tersebut juga bisa membandingkan dengan kendaraan lain.

Tak hanya itu, beberapa dealer Mahindra juga sudah dilengkapi dengan fasilitas VR. Fasilitas ini memberi kemudahan pelanggan yang ingin melihat kendaraan lebih detail meski mobil tidak berada di dealer.

Mahindra sendiri sudah hadir di Indonesia dengan sediitnya 10 dealer di 10 kota di Indonesia. Semua dealer tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas 3S (Sales, Service dan Sparepat) sehingga diharapkan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. [Adi/Ari]


Komentar