Datsun 7 Days Challenge: Misi Tuntas, Tim Puas Share this
Video Mobil
Mode baca

Datsun 7 Days Challenge: Misi Tuntas, Tim Puas

Denny Basudewa
pada 10 Agustus 2016

Foto: Perjalanan hari terakhir tim Datsun 7 Days Challenge

JAKARTA – Lebih dari 2.000 kilometer, lebih dari 1.000 menit dan tim Datsun 7 Days Challenge akhirnya menuntaskan misinya.

Selama satu pekan, tim mengarungi ribuan kilometer dari Jakarta, menyusuri bagian utara pulau Jawa hingga kembali lagi ke Ibukota Jakarta. Banten menjadi tujuan terakhir karena untuk menggenapi enam provinsi yang telah menjadi tekad tim sejak awal: Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, dan Banten.

Provinsi paling barat di pulau Jawa ini dikenal sebagai wilayah kesultanan. Di sini, banyak terdapat makam para Sultan dan panglima perang, yang tentunya memiliki nilai sejarah bernilai. Kami rela menambah sekitar 100 kilometer ekstra guna melengkapi misi Datsun 7 Days Challenge.

Seperti biasa, kami menemukan rute ala pedesaan (country roads) yang kurang bersahabat. Jalan-jalan nan sempit, kasar dan bergelombang menjadi menu tim Datsun 7 Days Challenge. Bedanya, kalau sebelumnya tujuan kami adalah kawasan pegunungan, kali ini tim menyusuri lintasan datar dengan terik panas matahari di Banten Lama.

Dari Jakarta, kedua Datsun (GO Panca dan GO+ Panca) dipacu langsung menuju Masjid Agung Banten yang terletak di kawasan Banten Lama. Perjalanan tim membutuhkan waktu sekitar 2 jam guna mencapai tempat tujuan. Sesampainya di sana, kami dibuat kecewa karena tempat ibadah umat muslim nan kondang tersebut sedang direnovasi bagian depannya.

Datsun Datsun Go berpose di halaman parkir Masjid Agung Banten

Walhasil kedua LCGC Datsun hanya bisa berpose di luar halaman Masjid. Usai mengabadikan dua kendaraan tersebut, kami beranjak ke Benteng Surosowan. Keraton Surosowan sendiri dibangun pada era pemerintahan Sultan Banten pertama yaitu Sultan Maulana Hasanudin.

Kini sisa reruntuhan Keraton Surosowan hanya tampak seperti benteng biasa. Benteng yang dibangun sekitar abad ke-15 ini tertutup untuk umum.

Tim Datsun 7 Days Challenge merasa beruntung masih bisa melihat peninggalan sejarah di Tanah Air. Dinding benteng yang dibuat setinggi 2 meter dengan lebar 5 meter ini menjadi saksi bisu akan kedatangan tim.

Luas benteng yang bersejarah ini mencapai 4 hektar, dan Pemerintah Banten telah menetapkan reruntuhan bangunan ini sebagai cagar budaya yang dilindungi. Seluruh anggota tim akhirnya kembali ke Ibukota, dan bangga karena telah menuntaskan misi selama 7 hari nonstop.

“Ketangguhan dan kehandalan Datsun GO Panca dan GO+ Panca telah teruji selama 7 hari 7 malam tanpan mesin mati kecuali saat mengisi BBM (bahan bakar minyak). Kami dan kedua mobil Datsun tidak mengalami masalah secuil pun selama berkelana. Suhu mesin tetap optimal. Chassis dan ban tetap berfungsi normal. Kami sangat senang. Tunggu petualangan kami berikutnya,” kata Indra Prabowo, managing editor Mobil123 & Otospirit.  [Dew/Ikh]


Komentar