Damon Hypersport, Motor Listrik Kencang dan Pintar Share this
Motor Baru
Mode baca

Damon Hypersport, Motor Listrik Kencang dan Pintar

Denny Basudewa
pada 13 Januari 2020

Foto: Damon Hypersport

LAS VEGAS – Damon Motorcycles meluncurkan Hypersport HS sebagai motor listrik berperforma yang berbeda dari umumnya.

Motor ini memiliki tiga keunggulan utama yakni bertenaga listrik, posisi berkendara yang dapat diatur ketinggiannya, dan fitur pintar yang didukung oleh software buatan Blackberry. Kendaraan ini hadir menyapa publik dalam gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2020.

Sebagai motor listrik, Damon Hypersport dikatakan menyimpan tenaga sebesar 200 hp dengan torsi puncak 200 Nm. Torsinya sendiri tersedia sejak kendaraan dalam keadaan diam. Artinya motor ini memiliki hentakan yang sangat buas.

Disebutkan bahwa dalam keadaan baterai terisi penuh, motor ini mampu mencapai kecepatan 322 km/jam. Meskipun masih perlu pembuktian untuk bisa menyakini bahwa Damon Hypersport benar-benar bisa mencapai kecepatan tersebut di atas.
Selain itu, jika kendaraan ini dipacu secara konstan dengan kecepatan 112 km/jam, jarak yang bisa ditempuh sejauh 259 km. Hal ini bisa dicapai berkat penggunaan baterai berkapasitas 21.5 kWh.

Bagian paling menarik dari kendaraan ini adalah software yang dikembangkan oleh Blackberry. Manufaktur smartphone yang pernah mengalami masa kejayaan di masa lampau tersebut, memberikan kendaraan ini fitur canggih.

Damon Hypersport HS tidak dilengkapi dengan spion, karena sudah dibekali kamera beresolusi tinggi pada bagian depan dan belakang. Motor ini juga membawa sensor radar yang meningkatkan sektor keamanan dari kendaraan.

Pengendara dapat melihat situasi di belakang motor melalui windshield secara jelas melalui bantuan kameran berkualitas 1080p. Software yang dinamakan CoPilot ini mampu memberikan peringatan, hingga mengintervensi alat kemudi, ketika mengalami situasi yang berbahaya.

Fitur yang tidak kalah penting adalah pengereman tipe ABS yang disokong oleh Brembo. Selain itu juga terdapat suspensi yang menggunakan merek Ohlins. Damon Hypersport dipasarkan mulai dari Rp 343 juta untuk tipe HS. Sementara untuk tipe Premier ditawarkan dengan harga Rp 550 juta. [Dew/Idr]


Komentar