Daihatsu Xenia Baru Tetap Gunakan Penggerak Roda Belakang Share this
Mobil Baru
Mode baca

Daihatsu Xenia Baru Tetap Gunakan Penggerak Roda Belakang

Adi Hidayat
pada 19 November 2018

Foto: Daihatsu Xenia Special Edition di GIIAS 2018

MALUKU TENGAH – Daihatsu Xenia terbaru dipastikan akan tetap mempertahankan penggerak roda belakang, meski peluncurannya masih belum jelas waktunya.

Hal tersebut disampaikan oleh Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor di sela-sela acara Terios 7 Wonder yang dilangsungkan di Maluku beberapa waktu lalu. Menurutnya, penggerak roda belakang adalah salah satu keunggulan dari Daihatsu Xenia saat ini.

“Daihatsu Xenia terkenal irit (BBM), kuat untuk tanjakan dan meski jalan berlubang stabilitasnya masih ada. Selain itu juga masih berpenggerak roda belakang dan tetap nyaman untuk digunakan oleh tujuh penumpang,” ungkap Amel.

Saat ini kompetitornya kebanyakan menggunakan penggerak roda depan. Tercatat, hanya Daihatsu Xenia, Toyota Avanza dan Wuling Confero saja yang saat ini masih setia untuk menggunakan penggerak roda belakang.

Tentunya ada banyak pertimbangan di balik keputusan ini. Sebut saja keunggulan penggerak roda belakang seperti mampu menanjak lebih kuat serta diklam sanggup menampung bobot yang lebih besar dibandingkan penggerak roda depan.

Namun bukan berarti penggerak roda depan tidak memiliki sisi positif. Penggerak roda depan disebut-sebut memiliki keunggulan dalam stabilitas pengendalian serta kenyamanan berkendara khususnya di perkotaan.

Daihatsu Xenia hadir di Indonesia sejak tahun 2003 dan generasi kedua diluncurkan pada tahun 2011. Saudara kembar dari Toyota Avanza ini merupakan salah satu kendaraan unggulan dari Astra Daihatsu Motor dalam menjual kendaraan di Indonesia.

Tercatat, penjualan Daihatsu Xemua sepanjang Januari-Oktober 2018 mencapai 25.728 unit. Jumlah tersebut jauh di bawah adiknya yaitu Daihatsu Sigra dengan penjualan sebanyak 39.530 unit pada periode yang sama.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CS Division Head PT Astra International Tbk, Daihatsu Sales Operation (DSO) menampik anggapan bahwa masyarakat mulai bosan dengan Daihatsu Xenia. Menurutnya, harga yang lebih terjangkau adalah alasan utama kenapa Daihatsu Sigra terjual lebih baik ketimbang Daihatsu Xenia.

“Itu masalah keterjangkauan harga saja. Saat ini adalah LCGC MPV yang harganya lebih terjangkau maka orang jadi lebih memilih model tersebut,” terangnya. [Adi/Ari]


Komentar