Daihatsu Luncurkan New Thor dan Thor Custom Share this
Mobil Baru
Mode baca

Daihatsu Luncurkan New Thor dan Thor Custom

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 14 November 2016

Foto: New Daihatsu Thor dan Thor Custom

IKEDA - Maraknya penjualan kei car di Jepang memaksa Daihatsu Motor Co, Ltd meluncurkan compact car lain yaitu new Thor dan Thor Custom turbo.

New Daihatsu Thor dan Thor Custom adalah mobil kecil yang sangat ideal dan memenuhi keluarga muda untuk penggunaan sehari-hari dengan konsep utama adalah "connection with the family".

Ada lima fokus utama dalam pembuatan mobil ini yaitu ruang interior santai dan manuver yang baik, ruang kargo besar dan kursi yang fleksibel, interior nyaman dan tersimpan fitur-fitur fungsional, tingkat mengemudi yang nyaman dan aman untuk penumpang, terakhir eksterior yang dinamis.

Klaim pabrikan mobil ini menerapkan teknologi dan fitur-fitur yang memang dikembangkan khusus untuk mobil kecil guna mencapai interior yang nyaman meski dimensinya sangat kecil, namun tanpa mengurangi kenikmatan berkendara. Dalam keterangan resmi Daihatsu, dimensi panjang mobil ini cuma 3,700mm dengan radius putar 4,6 meter.

Eksterior didesain dengan garis tegas di sekucur tubuh, grille berukuran besar, dihiasi lampu depan dengan LED aktif dan sliding door (pintu geser). Kendati demikian memancarkan aura unik dan segar.

Masuk ke interior Anda akan menemukan ruang lutut lega untuk penumpang belakang. Sebab, para desainer Daihatsu menyediakan jarak 1.105mm antara sandaran kursi depan dan sandaran kursi belakang. Sementara itu ketinggian seluruh sandaran kursi 700 mm sehingga memberikan kenyamanan untuk setiap penghuni kabin.

Interiornya telah menggunakan layar TFT 4,2" yang mampu memberikan informasi kendaraan meliputi konsumsi bahan bakar, kecepatan dan lain-lain. Selain itu tersedia steering switch dan cup holder yang tersebar di interior.

Fitur standar lain adalah cruise control, dual SRS airbag, airbag curtain shield, Smart Assist II yang dibantu kamera dan sensor untuk menghindari tumbukan dari arah depan. Selain itu dilengkapi dengan sinyal berhenti darurat yang berfungsi meningkatkan kewaspadaan pengendara di belakang. Fitur memungkinkan lampu hazard akan berkedip-kedip jika pedal rem tertekan secara penuh saat mobi melaju pada kecepatan 60 kpj.

Di Jepang, mobil ini tersedia pilihan X, X SAII, G, G SAII, G turbo SAII, Custom G, Custom G SAII, Custom G turbo “SAII” yang masing-masing menyimpan mesin 1.0-liter dan 1.0-liter turbo-charged yang tenaganya setara mesin 1.5-liter. Mesin-mesin kecil ini dipadukan dengan sistem transmisi CVT.

Daihatsu menyediakan pilihan penggerak roda 2WD dan 4WD. Mobil ini mencatat konsumsi BBM 24.6 km/liter (untuk mesin tanpa turbo), 22,0 km/liter (untuk sistem 2WD) dan 21,8 km/liter (untuk sistem 4WD).

Compact car Thor dan Thor Custom dibanderol dengan harga mulai Rp 181 - Rp 249 juta. Daihatsu optimistis menargetkan penjualan 1.000 unit per bulan. [Amo/Ikh]


Komentar