Daihatsu Ayla Turbo Ugal-ugalan di Surabaya Share this
Berita Mobil
Mode baca

Daihatsu Ayla Turbo Ugal-ugalan di Surabaya

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 11 April 2019

SURABAYA — Daihatsu Ayla Turbo menampilkan performa terbaiknya saat diajak melahap sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya. 

Usai meramaikan GIIAS Surabaya Auto Show 2019 dan menggelar kontes modifikasi, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) lanjut meriuhkan kota pahlawan melalui aksi Daihatsu Ayla Turbo. Bukan dalam artian ugal-ugalan sebenarnya, sirkuit dianggap menjadi lahan yang tepat untuk memamerkan kekuatan Modifikasi racikan tim Research & Development Daihatsu Indonesia ini. 

Sebagai bagian dari tren otomotif terkini, mobil konsep Ayla Turbo dirancang untuk menunjukkan kemampuan rancang bangun mereka. Sekaligus pula menjadi inspirasi dalam modifikasi kendaraan, khususnya yang menggunakan teknologi Turbo di Indonesia.

Modifikasi mobil konsep Ayla Turbo ini memiliki perubahan yang signifikan. Meliputi sektor mesin, transmisi, exhaust system, bodi mobil, suspensi, roda dan yang utama adalah penyematan komponen turbocharger. Sehingga, mobil konsep Ayla Turbo ini layak uji di sirkuit karena sudah sesuai pula dengan standar regulasi yang ditetapkan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Pada pengujian yang telah dilakukan oleh Daihatsu, konsep Ayla Turbo mampu menghasilkan luapan performa tenaga sebesar 200 hp dengan Torsi sebesar 242 Nm. Sementara akselerasinya pada 0–100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu sekitar 9,04 detik.

Performa maksimal itu juga tak lepas dari kemampuan mesin 1.2L dual VVT-i. Sedangkan pada sisi tampilan, Ayla Turbo pun dibuat berbeda dengan penggunaan velg 15 inci. Hal ini disebut memberikan handling serta manuver lebih baik pada kecepatan tinggi. 

Selain itu, Ayla Turbo dilengkapi dengan suspensi depan dan belakang yang dibuat lebih rigid untuk meningkatkan stability dan mencegah terjadinya body roll. Sebagai mobil konsep Racing Sport, Ayla Turbo juga memiliki sistem pendinginan yang dilengkapi dengan oil cooler untuk menghindari suhu pelumas yang terlalu panas.

"Sebagai ajang pembuktian kemampuan kami. mobil konsep Ayla Turbo ini dapat menjadi inspirasi bagi para pelanggan, dan penggemar modifikasi. Sehingga mobil Daihatsu, khususnya Ayla Turbo ini bisa memenuhi hasrat modifikasi yang lebih maksimal," ujar Soni Satriya, Design Engineering Executive Coordinator R & D PT ADM. [Ary/Idr]


Komentar