Crutchlow Sempat Panik Dikejar Rossi Share this
MotoGP
Mode baca

Crutchlow Sempat Panik Dikejar Rossi

Denny Basudewa
pada 23 Agustus 2016

Foto: Crutchlow berhasil balapan di MotoGP Ceko 2016

BRNO – Pemenang lomba MotoGP Ceko 2016 Cal Crutchlow sempat panik posisinya akan diambil alih oleh Valentino Rossi.

Siapa yang menyangka bahwa pemenang balapan di MotoGP Ceko 2016 adalah rider dari tim satelit. Pertaruhan ban yang diambil Crutchlow ternyata berbuah manis. Pembalap tim LCR Honda tersebut berhasil memberikannya kemenangan perdana musim ini.

Setelah berhasil menyisihkan seluruh kompetitornya, pembalap Inggris tersebut bukanlah satu-satunya yang menggunakan kompon ban serupa. The Doctor berhasil bangkit dan terus membuntuti Crutchlow.

Ternyata hal ini sempat membuatnya panik dan hampir terjatuh. Sadar bahwa pemilik nomor 46 tersebut bukanlah lawan yang biasa. Hal inilah yang membuatnya melakukan sedikit kesalahan.

“Saya serius, ketika melihat layar besar dan saya melihat Valentino mendekat. Saya langsung berpikir bahwa saya dalam masalah. Saya tidak tahu apakah Vale menggunakan ban kompon hard juga, jadi saya sedikit memaksakan kendaraan,” ucap Crutchlow.

Ia baru bisa tenang ketika jaraknya dengan Rossi menjadi 4 detik lebih, dan mulai merayakan kemenangannya yang sudah di depan mata.

“Ketika balapan menyisakan empat putaran lagi, saya hampir terjatuh di tikungan sepuluh. Maka saat itulah saya mulai sedikit tenag dan bersantai,” ceritanya.

Crutchlow menjadi pembalap Inggris pertama yang memenangkan balapan setelah 35 tahun lamanya. Hujan yang membasahi sirkuit Brno, memberinya keberkahan tersendiri. Seperti diketahui, pembalap satelit sulit untuk berkembang apalagi mengalahkan tim pabrikan.

Hanya pada kondisi tertentulah pembalap tim satelit mampu memberikan perbedaan pada balapan. Ketepatan strategi dan semangat pantang menyerah Crutchlow yang akhirnya memberikan kemenangan pertamanya musim ini.

“Saya tahu bahwa balapan pada saat hujan seluruh pembalap dan motor levelnya sama. Dan di MotoGP sangat sulit bagi pembalap satelit untuk memenangkan balapan. Kami hanya memanfaatkan kesempatan yang ada,” jelasnya. [Dew/Ikh]


Komentar