Crutchlow Beri Kejutan di MotoGP Ceko 2016 Share this
MotoGP
Mode baca

Crutchlow Beri Kejutan di MotoGP Ceko 2016

Denny Basudewa
pada 21 Agustus 2016

Foto: Cal Crutchlow memberi kejutan

BRNO – Cal Cutchlow memberi kejutan pada seri lanjutan MotoGP Ceko 2016. Valentino Rossi berhasil mengalahkan perlawanan Marc Marquez.

Para pembalap harus memulai balapan dalam kondisi basah akibat hujan yang membasahi sirkuit Brno. Hanya dua rider Ducati yang mampu tampil mengesankan pada awal lomba. Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso langsung mengambil alih pimpinan lomba.

Marquez sempat mengganggu dua pembalap terdepan, namun Iannone dan Dovizioso mampu mempertahankan posisinya. Valentino Rossi yang memulai balapan dari posisi keenam terlihat mulai kewalahan. Pilihan ban kompon hard membuatnya menderita karena posisinya semakin melorot.

Hal sama juga dialami oleh rekan satu timnya, Jorge Lorenzo. Pembalap Spanyol tersebut terus kehilangan posisinya karena tidak bisa mengontrol kuda besinya. Kedua pembalap Movistar Yamaha tersebut terlempar dari urutan sepuluh besar.

Ketika balapan sudah berjalan separuh jalan, kejutan datang dari Cal Crutchlow. Pembalap LCR Honda tersebut berhasil mencatatkan waktu terbaik. Crutchlow yang awalnya berada di belakang The Doctor tampil seperti sedang kerasukan.

Pilihan ban berkompon hard memberikan keuntungan bagi pembalap Inggris tersebut. Crutchlow dengan cepat menyalip pembalap yang ada di depannya. Balapan hanya menyisakan 15 lagi, dan mungkin tidak ada yang menyangka bahwa Crutchlow mampu memenangkan balapan.

Hal ini dikarenakan jarak Cruthlow dengan Iannone yang sedang memimpin lomba terlampau jauh. Namun pembalap dengan nomor start 35 tersebut berhasil membuktikan kualitasnya. Mantan pembalap Ducati tersebut perlahan-lahan menyisihkan kompetitor di depannya.

Kondisi tersebut diikuti Rossi yang juga menggunakan ban Michelin kompon hard. Meskipun tidak sekencang Crutchlow, juara dunia sembilan kali tersebut mampu menyisihkan pembalap-pembalap terdepan. Dovizioso mengalami masalah pada motornya, pembalap Italia tersebut terlihat sangat kesal dengan apa yang dialami tunggangannya.

Lorenzo tampak bisa mengikuti jejak The Doctor, namun sang juara bertahan justru masuk ke dalam pit untuk mengganti motor. Hal tersebut menjadi blunder baginya. Pembalap berjuluk Por Fuera tersebut terlihat bersitegang dengan kru timnya.

Persaingan pembalap terdepan cukup membuat jantung berdegup kencang. Bagaimana tidak, Crutchlow terus meneror pemimpin lomba Iannone. Juara MotoGP Austria pekan lalu ini tidak bisa berbuat banyak dalam mempertahankan possisinya.

Ducati Desmosedici yang ditungganginya mulai kehilangan grip ban. Iannone dan beberapa pembalap lain memilih untuk menggunakan ban basah berkompon soft. Pertarungan antara Marquez dengan Rossi juga tidak kalah seru.

The Baby Alien yang mulai kehilangan grip bannya, mencoba mengimbangi perlawanan Rossi. Keperkasaan pembalap bernomor 46 tersebut terlalu sempurna bagi Marquez. Crutchlow melintasi garis finis di tempat pertama dan diikuti oleh Rossi kemudian Marquez.

Kemenangan Crutchlow menghapus dahaga selama 35 tahun dari pembalap Inggris. Pemilik nomor 35 tersebut adalah pembalap asasl Inggris pertama memenangkan balapan di kelas utama sejak 35 tahun silam. [Dew/Ikh]

Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 47m 44.290s

Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 47m 51.588s

Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 47m 53.877s

Loris Baz FRA Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) 47m 56.848s

Hector Barbera ESP Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) 47m 57.383s

Eugene Laverty IRL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) 47m 58.102s

Danilo Petrucci ITA Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 48m 7.704s

Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP) 48m 8.852s

Maverick Viñales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 48m 8.871s

Tito Rabat ESP Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V)* 48m 21.421s

Yonny Hernandez COL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) 48m 24.201s

Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 48m 25.387s

Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 48m 27.492s

Stefan Bradl GER Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 48m 29.977s

Scott Redding GBR Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 48m 46.491s

Alvaro Bautista ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 49m 3.131s

Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) +1 lap


Komentar