Covid-19, Pertamina Anjurkan Pembayaran Non-tunai di SPBU Share this
Workshop
Mode baca

Covid-19, Pertamina Anjurkan Pembayaran Non-tunai di SPBU

Indra Prabowo
pada 02 April 2020

JAKARTA – Wabah Coronavirus disease (Covid-19) di Indonesia membuat Pertamina melakukan penyemprotan disinfektan ke SPBU-SPBU.

Pertamina MOR (marketing operation region) III yang menaungi wilayah Banten, Jawa Barat dan DKI Jakarta secara bertahap telah melakukannya sejak 26 Maret 2020. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan virus corona di kawasan SPBU.

“Penyemprotan dilakukan oleh Pertamina perusahaan serta para pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas). Pada pelaksanaannya menggandeng berbagai pihak, baik Dinas Pemadam Kebakaran, Satpol PP dan lembaga nirlaba Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Kegiatan disinfeksi ini di seluruh SPBU wilayah Jawa Bagian Barat, di mana meliputi area pulau pompa, toilet, musholla, ruang istirahat operator, Bright Store serta layanan non-fuel yang berada di area SPBU seperti ATM dan lain-lain.

Sampai dengan awal April 2020, Pertamina MOR III telah melakukan disinfeksi untuk sekitar 600 SPBU sebagai upaya memastikan bahwa area SPBU higienis dan steril.

Pertamina juga telah mengeluarkan beberapa prosedur tambahan di lingkungan SPBU terkait pencegahan penularan Covid-19. Semua operator di SPBU diwajibkan cek suhu saat akan mulai dan mengakhiri shift. Mereka harus menggunakan alat pelindung diri seperti masker dan sarung tangan.

Di sekitar area pulau pompa BBM pun juga sudah dilengkapi dengan hand sanitizer yang dapat digunakan konsumen serta operator setelah selesai melakukan transaksi. Di SPBU self-service pun, nozzle juga wajib disemprot disinfektan secara berkala.

Dewi pun menyarankan agar para pelanggan melakukan pembayaran non-tunai (cashless) saat membeli produk-produk Pertamina, salah satunya melalui aplikasi MyPertamina sekaligus berdonasi untuk pembelian Alat Pelindung Diri bagi tenaga medis di rumah sakit. [Idr]


Komentar