Corsa M5 Ban Skutik Buatan Lokal Rasa International Share this
Berita Motor
Mode baca

Corsa M5 Ban Skutik Buatan Lokal Rasa International

Denny Basudewa
pada 11 Februari 2019

JAKARTA – PT Multistrada Arah Sarana Tbk mempersembahkan Corsa M5, ban yang diperuntukkan skuter matik dengan kualitas yang mengadopsi teknologi Eropa.

Sejak diluncurkan pada Oktober 2018, Corsa M5 telah diuji oleh beberapa komunitas khususnya Yamaha Nmax. Kali ini Otospirit.com berkesempatan mencoba produk tersebut baik dalam acara turing maupun perjalanan sehari-hari.

Corsa M5 ditawarkan dalam ukuran 110/70-13 hingga 150/70-13. Artinya ban ini disediakan dengan ukuran standar pabrik dan upsize untuk konsumen yang gemar memodifikasi tunggangannya. Kami (Otospirit.com) memilih ukuran yang lebih besar dari OEM yakni 120/70-13 untuk bagian depan. Sementara untuk ban belakang menggunakan 140/70/13.

Kesan pertama saat menggunakan ban buatan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat ini adalah kaget. Bukan tanpa sebab karena Corsa M5 ternyata memiliki profil yang berbeda dari produk lainnya. Ternyata Corsa M5 menerapkan profil V-shape pada bagian depan. Sedangkan untuk belakang mereka menerapkan model round atau bulat pada umumnya.

Perbedaan telapak tersebut dikatakan memiliki tujuan yakni ban depan bertugas untuk menentukan arah dalam berbelok. Sementara ban belakang melakukan tugas dalam memberikan keseimbangan pada kendaraan. Yamaha Nmax sendiri dikatakan memiliki titik berat yang terkonsentrasi pada bagian belakang kendaraan.

Corsa M5 sendiri dirancang dengan menggunakan pattern atau pola tapak yang menarik. Desain ban yang mengadopsi dari pola ban di Eropa membuat produk berbahan karet ini tampak lebih sporti daripada pesaing di kelasnya. Selain itu alur pattern antara ban depan dan belakang dibuat berbeda layaknya produk asal Benua Biru.

Penerapan pola terbalik memang masih belum terlalu familiar di Indonesia. Namun cara ini dikatakan cukup ampuh dalam memberikan grip terbaik pada ban. Adapun kedalaman groove dari telapak ban yang diterapkan, disebut-sebut lebih dalam daripada produk-produk lainnya yang beredar di pasaran.

Namun rasa canggung akan penggunaan ban Corsa M5 hanya berlangsung dalam waktu beberapa hari saja. Selanjutnya kami mulai terbiasa menggunakan ban ini. Penyesuaian tekanan angin ban juga dilakukan guna mendapatkan performa paling ideal.

Untuk diketahui bahwa rekomendasi pabrikan mengenai tekanan udara di dalam ban yaitu 22 psi (depan) dan 36 (belakang). Namun dikarenakan bobot pengguna motor lebih besar daripada umumnya, maka tekanannya dibuat menjadi 20 psi (depan) dan 33 psi (belakang).

Dengan setingan tersebut di atas, kami bisa lebih merasakan performa terbaik dari ban. Corsa M5 terasa lebih baik mencengkram aspal baik di lintasan lurus, maupun dalam kondisi menikung. Kompon ban yang medium yang disebut-sebut lebih ke arah soft, menambah rasa percaya diri saat melahap berbagai medan jalan.

Teknologi lain yang disematkan pada ban yang diproduksi di Cikarang ini adalah rim guard. Ini adalah pelindung ujung rumah roda atau akrab disebut (velg) dari benturan. Seperti diketahui bahwa jalan di Tanah Air, masih banyak yang berlubang khususnya ketika masuk musim penghujan.

Hal di atas dapat dilihat dari tepian ban yang dimensinya melebihi rumah roda. Pengaplikasian rim guard ini sebelumnya disematkan pada produk-produk ban mobil Achilles. Teknologi pada Corsa M5 dianggap mampu memberikan efek yang sama dalam melindungi bibir velg.

“Populasi Yamaha Nmax di Indonesia sangat banyak. Corsa M5 diluncurkan guna mengakomodir semua kebutuhan konsumen pengguna skutik premium khususnya Nmax. Kami menerapkan teknologi Ecosave yang telah digunakan di model V-series sebelumnya,” ucap M Sulkan Arif, Technical Support National PT Multistrada Arah Sarana Tbk.

Inovasi yang dilakukan pada Corsa M5 dikatakan mampu membuat kompon ban tetap menggigit aspal, dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini berkat adanya silica kompon yang diramu khusus di dalam ban. Akan tetapi harus diakui bahwa butuh waktu guna menjawab rasa ragu akan daya tahan Corsa M5.

Menurut klaim pabrikan, si karet bundar tersebut memiliki daya tempuh optimal hingga 15 ribu kilometer (depan) dan 12 ribu kilometer (belakang). Perpaduan carbon black dan silica berpengaruh dalam memberikan kemampuan maksimal pada ban untuk jangka waktu yang terbilang lama.

Corsa M5 sendiri tidak hanya disediakan untuk pengguna Yamaha Nmax. Pabrikan ban lokal tersebut juga menyiapkan ban dengan ring 12” untuk pemakai Honda Scoopy dan Yamaha Freego. Ke depannya mereka juga siap memasarkan Corsa M5 untuk Yamaha Aerox 155. [Dew/Ari]

Harga dan ukuran ban Corsa M5

110/70-13 (Depan)

Rp 270.000

120/70-13 (Depan)

Rp 325.000

130/70-13 (Belakang)

Rp 350.000

140/70-13 (Belakang)

Rp 390.000

150/70-13 (Belakang)

Rp 420.000


Komentar