Chrysler Buka-bukaan Soal Minivan Share this
Berita Mobil
Mode baca

Chrysler Buka-bukaan Soal Minivan

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 04 Januari 2017

Foto: Chrysler Portal Concept

LAS VEGAS - Fiat Chrysler Automobiles akhirnya buka-bukaan soal kendaraan listrik masa depan yang dinamai Chrysler Portal Concept. Mobil berteknologi cerdas dan ramah lingkungan itu menawarkan model minivan dengan kapasitas enam-penumpang.

Perusahaan asal Amerika Serika FCA itu mengenalkan Chrysler Portal Concept dalam acara CES di Las Vegas mulai 4-8 Januari 2017.

Kendaraan ini sendiri didesain seperti mobil penumpang kebanyakan, namun para insinyur Chrysler mengatakan bahwa Portal Concept dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang agresif, artinya selalu berpindah-pindah dari satu titik ke titik lain.

Karena itu, untuk menunjang kebutuhan pemiliknya, FCA menyimpan baterai berukuran kompak dan ringan yang bisa menjangkau jarak sejauh 250 mil atau 402 km dengan sekali charger.

Jika mengandalkan DC Fast Charge atau pengisian cepat daya 350 kW, bisa dilakukan dalam waktu kurang dari 20 menit dan baterai terisi 50 persen lebih. Kondisi ini memungkinkan untuk menggerakkan mobil sejauh 150 mil atau 241 km.

Soal desain eksterior sudah dipikirkan lebih dahulu oleh pabrikan. Contohnya menawarkan desain grille depan yang aerodinamis, beratap kaca guna menciptakan kesan lega dalam interior. Lampu utama dan lampu belakang mobil konsep ini sudah menggunakan teknologi LED.

Chrysler Portal Concept Chrysler Portal Concept

Chrysler Portal Concept dibuat untuk generasi millennial yang sangat mementingkan gaya hidup. Wajar jika konsep mobilnya menggunakan suicide door, hanya saja telah dimodifikasi dan menampilkan pintu geser elektrik. Penumpang pun dengan sangat mudah mengakses kursi baris kedua dan ketiga.

"Chrysler Portal Concept menarik gaya hidup anak millennial. Interiornya bisa mengakomodir enam-penumpang dan sangat mudah bertransformasi ke mobil keluarga," kata Ralph Gilles, kepala desain Fiat Chrysler.

Chrysler Portal Concept Chrysler Portal Concept

Begitu masuk ke interior, dan mungkin Anda tidak percaya jika kemudinya dirancang untuk bisa terlipat. Sebaliknya ketika dibutuhkan maka kemudi akan keluar otomatis. Ini adalah sebuah fitur yang tanpa Anda sadari adalah contoh dari mobil bergerak otomatis atau otonom.

untuk menunjang pembuatan mobil otonom tersebut, FCA menyimpan teknologi Vehicle-to-X (V2X) seperti sejumlah sensor, kamera di depan, samping dan belakang mobil. Di samping itu juga tersedia teknologi penghubung dengan mobil lain (car sharing). [Ikh/Ikh]


Komentar