Chevrolet Prototipe Siap Diburu Kolektor Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Chevrolet Prototipe Siap Diburu Kolektor

Denny Basudewa
pada 03 Januari 2017

Foto: CERV-1

ARIZONA – Mobil Prototipe Chevrolet bernama CERV-1 ini akan dilelang dan diprediksi menjadi incaran para kolektor. Kendaraan berpenampilan lawas ini merupakan salah satu mobil bermesin tengah Chevrolet. Hal inilah yang memberi kesan istimewa pada CERV-1.

Balai lelang Barrett Jackson Scottsdale Auction akan melelang salah satu mobil langka di dunia ini pada 14 Januari 2017 dan diperkirakan harganya mencapai Rp 26 miliar.

Mobil ini dibuat dan dikembangkan oleh seorang pembalap bernama Zora Arkus-Duntov. Ia sendiri merupakan atlet motorsport yang juga bertangan dingin dalam mengembangkan mesin. Pada 1959, dirinya pernah terlibat sebagai bagian dari insinyur Chevrolet.

Chevrolet CERV1 juga menjadi bagian dari studi untuk mengetahui apakah race car bisa dipakai untuk kendaraan sehari-hari, untuk mengetahui performa dan handling dari mobil balap sebelum diaplikasikan pada model produksi Chevrolet Stingray. Tujuannya untuk menciptakan berkendara yang menyenangkan.

Meskipun berstatus sebagai mobil prototipe, CERV-1 pernah dikemudikan oleh Duntov di kejuaraan US Grand Prix pada 1960. Namun Ia hanya melakukan demonstrasi beberapa putaran saja kala itu.

Chevrolet Prototipe Chevrolet CERV-1

Kemampuan mobil yang menggunakan small-block V8 Chevy ini bisa menghasilkan tenaga maksimal 350 hp. Sumber tenaga mobil ini memiliki dimensi lebih besar dari generasi sebelumnya. Dikatakan bahwa kendaraan tersebut mampu dipacu hingga 331 kpj.

Sejak digunakan oleh Duntov di US Grand Prix 1960, mobil ini kemudian bermukim di sebuah museum pada 1972. Belasan tahun kemudian, mobil ini dibeli oleh seorang kolektor kendaraan. Namun Ia menjual kembali mobil unik tersebut pada 2015. [Dew/Ikh]


Komentar