Chevrolet Equinox, Pesaing Mazda CX-5 dan Honda CR-V Share this
Mobil Baru
Mode baca

Chevrolet Equinox, Pesaing Mazda CX-5 dan Honda CR-V

Denny Basudewa
pada 25 September 2016

Foto: Chevrolet Equinox crossover terbaru penuh kejutan

DETROIT – Chevrolet Equinox genarasi ketiga telah meluncur. Sport utility vehicle (SUV) ini menawarkan tiga pilihan mesin untuk melumat Mazda CX-5 dan Honda CR-V.

Dengan ubahan besar pada Equinox, Chevy berharap mobil keluarga itu mendapat respon positif di segmen medium SUV yang cukup gemuk di Amerika Serikat. Pilihan mesin mulai 1.5-liter 4-silinder, 1.6-liter turbo diesel dan 2.0-liter turbo.

Ketiga pilihan mesin tersebut seluruhnya terbuat dari bahan dasar cast alumunium. Pada versi 2.0-Liter turbo DOHC DI, all-new Chevrolet Equinox menggunakan sistem transmisi otomatis sembilan-speed.

Pada varian bensin 2.0-liter, mesinnya mampu menghasilkan tenaga maksimal 252 hp dengan torsi 353 Nm. Sedangkan pada varian diesel, compact crossover ini mampu menghasilkan daya maksimal sebesar 136 hp dengan torsi maksimal 320 nm.

“Dengan tiga pilihan mesin, konsumen kami dapat memilih mesin yang sesuai dengan kebutuhan masing-masin. Equinox menggabungkan efisiensi BBM, performa dan kapabilitas,” ucap Dan Nicholson, Vice Presidet, Global Propulsion sistem.

Dari segi penampilan, mobil ini mengalami ubahan wujud. Klaim perusahaan mobil ini menggunakan basis Chevrolet Cruze yang dikenal sebagai sedan platform full monocoque. Ditambah lagi dengan penggunaan teknologi lampu nan modern, all-new Chevrolet Equinox terlihat lebih menawan.

Di Negeri Paman Sam, Equinox telah dilengkapi sistem konektivitas yang bisa terintegrasi dengan OS Android dan iOS. Lebih jauh, mobil ini juga menawarkan 4G LTE Wi-Fi hotspot yang telah menjadi andalan GM di segmen mobil penumpang.

Chevrolet Equinox model 2017 telah dilengkapi segudang fitur keselamatan seperti new safety alert seat, new surround vision, new forward collision alert with following distance indicator, new low-speed forward automatic braking new lane keep assist with lane departure warning, new rear seat reminder, lane change alert with blind zone alert, dan rear cross traffic alert.

Di AS, all-new Chevrolet Equinox akan mulai dipasarkan pada kuartal pertama tahun depan. Setelah itu barulah mereka mulai memasarkan kendaraan tersebut ke 115 negara.

Langkah Chevrolet menghadirkan mobil mesin diesel cukup berani di tengah skandal emisi yang dilakukan VW. Kasus diesel gate itu cukup menyita perhatian publik akibat tindakan manipulasi cukup lama terhadap konsumennya. Chevrolet berharap mobil ini bisa diterima konsumen di seluruh dunia. [Dew/Ikh]


Komentar