Cerita Lorenzo yang Tak Semanis Vinales di MotoGP Qatar 2017 Share this
MotoGP
Mode baca

Cerita Lorenzo yang Tak Semanis Vinales di MotoGP Qatar 2017

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 27 Maret 2017

Foto: Jorge Lorenzo berjuang di MotoGP Qatar 2017

DOHA - Maverick Vinales mendulang hasil memuaskan kala menyentuh garis finish pertama di MotoGP Qatar 2017. Hasil ini bisa dikatakan buah manis atas kemampaun Vinales menunggangi Yamaha YZR-M1 yang menggunakan ban slick medium-medium.

Kemampuan pembalap Spanyol itu boleh dibilang impiannya selama ini. Namun hasil gemilang Vinales saat debut pertama dengan motor Yamaha setelah pindah dari Suzuki tidak sebanding dengan Jorge Lorenzo.

Lorenzo harus mengawali lomba di Sirkuit Losail, Senin (27/3/2017) dinihari WIB, dari posisi ke-12. Ia terseok-seok di lintasan dan tak kunjung membaik, bahkan Ia sempat melorot ke posisi 16.

Kondisi lintasan memang tidak mendukung bagi para pembalap setelah diguyur hujan. Juara MotoGP tiga kali itu sempat berada di posisi kesembilan. Pada akhirnya, Ia cuma berhasil finishi di posisi ke-11 setelah disalip Alex Rins dan Jonas Folger.

Hasil ini tentu tidak sesuai harapannya setelah pindah dari Yamahah ke Ducati. Menurutnya, MotoGP Qatar 2017 cukup rumit di tengah cuaca yang tidak menentu.

"Ini adalah balapan yang sangat rumit dari semua aspek. Saya sangat percaya diri jelang balapan, tetapi selepas start, saya salah mengambil posisi dan akhirnya membuat motor melebar dan kehilangan banyak posisi. Dan seiring dengan itu saya mencoba untuk mengejar ketertinggalan," kata Lorenzo.

Menurut Lorenzo, kondisi cuaca saat itu sangat tidak membantunya memperebutkan podium. Berbeda dengan rekan setimnya, Andrea Dovizioso yang mampu finish di posisi kedua.

"Saat saya mulai bisa mengendalikan motor, saya bisa mengimbangi kecepatan pembalap lain. Tetapi sayangnya jelang garis finish, saya mulai kehilangan kepercayaan pada ban. Hal itu membuat saya harus memperlambat laju kendaraan dan akhirnya saya tidak mampu masuk dalam sepuluh besar," ucap Lorenzo menyesali debut bersama Ducati di MotoGP Qatar 2017.

"Balapan pertama saya dengan Ducati tidak berjalan seperti yang kami harapkan. Kami masih punya banyak pekerjaan yang harus dilakukan," tutup Lorenzo. [Ikh]

Sumber: MotoGP.com


Komentar