Catatan Manis 1.000 Hari Wuling di Indonesia Share this
Berita Mobil
Mode baca

Catatan Manis 1.000 Hari Wuling di Indonesia

Denny Basudewa
pada 24 April 2020

Foto: Wuling Motors

JAKARTA – Wuling Motors telah melampaui 1.000 hari dalam memasarkan kendaraan-kendaraan yang dibutuhkan masyarakat di Indonesia.

Sebagai produsen kendaraan asal China, Wuling harus menapaki jalan yang cukup terjal. Mereka terlebih dahulu harus memberangus stigma negatif akan produk asal China. Dengan mendirikan pabrik seluas 60 hektar di kawasan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dan bermodalkan 700 juta dolar AS atau senilai dengan Rp 9.3 triliun, Wuling perlahan-lahan mendapat perhatian dari masyarakat.

Pembangunan pabrik di Tanah Air tidak serta merta membuat Wuling mampu membuat para calon konsumen jatuh hati. Hadirnya model yang digemari masyarakat luas di Indonesia yakni Low MPV (Multi Purpose Vehicle) dan ditawarkan dengan harga lebih terjangkau, turut andil membesarkan nama dan citra Wuling.

Masuk ke segmen yang sangat seksi di Indonesia, Wuling mengandalkan Confero senjata utamanya. Di kelas Low MPV, Confero dihadapkan dengan pesaingnya yang merupakan para Goliath dari negeri Matahari Terbit seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio dan Nissan Livina.

Wuling membutuhkan waktu untuk bisa membutuhkan kualitas produknya yang selama ini menjadi momok di masyarakat. Seiring waktu berjalan, mereka terus mengembangkan jaringan dealer dan targetnya hingga tahun ketiga Wuling di Indonesia akan hadir 120 lokasi.

Pada tahun pertama (2017), Wuling berhasil menjual kendaraan sebanyak 5.050 unit. Lalu tahun berikutnya penjualan mobil Wuling mencapai 17 ribu unit. Kini memasuki 1.000 hari di Indonesia, brand satu ini telah memasarkan kendaraan sebanyak 45 ribu unit.

“Sebelum masuk ke Tanah Air, kami melakukan riset produk dan fitur apa yang dibutuhkan. Secara garis besar, filosofi kami dalam menghadirkan kendaraan titik beratnya di value. Sekarang bisa dilihat setiap produk kami memiliki value masing-masing,” ucap Brian Gomgom, Media Relations Wuling Motors dalam kesempatan teleconference bersama awak media, Rabu 22/04/2020.

Saat ini Wuling telah memiliki dua model kendaraan yakni MPV dan SUV di Indonesia. Wuling Confero sebagai produk yang pertama kali mendobrak pasar di Indonesia, menjadi produk paling laris. Hingga sekarang, Confero telah terjual sebanyak 26.550 unit.

Lalu pada posisi kedua produk terlaris Wuling adalah Almaz yang merupakan SUV pertamanya dan diluncurkan pada 2019. Almaz hingga saat ini telah terjual sebanyak 9.903 unit. Kemudian disusul oleh Wuling Cortez yang hadir pada 2018 sebagai MPV Medium penantang Toyota Kijang Innova, dengan raihan penjualan sebesar 9.424 unit. Posisi buncit terdapat Formo yang terjual 485 unit.

Catatan manis Wuling di Indonesia merupakan tonggak sejarah perkembangan mobil asal China. Langkah Wuling inilah yang membuat beberapa pabrikan mobil asal negeri Tirai Bambu lainnya, mengikuti jejaknya. [Dew/Idr]


Komentar