Cara Membuat Baut untuk "Jet Darat" Formula 1 Share this
F1
Mode baca

Cara Membuat Baut untuk "Jet Darat" Formula 1

Krisna Arie
pada 03 Oktober 2016

BUCKINGHAMSHIRE – Jangan anggap sepele baut. Seperti benda lainnya, komponen ini memiliki fungsi penting pada mobil. Untuk itu baut harus dibuat sedemikian presisi jika tidak akan membuat repot. Seperti dilakukan para teknisi atau engineer yang bekerja dalam tim Formula 1 (F1).

Para engineer tim Formula 1 sangat detil dalam membuat komponen tersebut, karena merupakan bagian dari safety, tak terbayang jika salah satu baut jet darat ini bermasalah saat melaju pada kecepatan 300 kpj.

Tim Red Bull Racing mencoba menunjukkan bagaimana timnya begitu serius membuat sebuah baut dengan detail terbaik guna menggapai kesempurnaan.

Dalam video kita dapat melihat bagaimana sebuah baut dibuat. Prosesnya begitu rumit, hitung-hitungan ukuran, material dan juga alat-alat canggih yang digunakan tentunya mengundang decak kagum.

Seorang insinyur menggambar di selembar kertas dan kemudian segera bergerak ke modeling 3D. Rekayasa gambar terlihat sangat rinci rinci demikian dengan pembuatannya.

Tim QC kemudian memeriksa baut yang baru dibuat dengan cermat. Mirkrometer dan mikroskop digunakan untuk memastikan kualitas baut. Kemudian baut itu diberi kode lewat ukiran laser sebelum dikemas dan disimpan dalam gudang.

Jika membuat baut saja sudah sedetail ini, bagaimana dengan membuat perangkat lain?

Ingat, kegagalan komponen dalam olahraga motorsport porfesional tidak dapat ditolerir. Jika perangkat malfungsi dan menjadi penyebab kegagalan lomba, akan merusak semua persiapan tim. Dan tanggungan dana juga tak sedikit nilainya.

Anda bisa melihat proses pembuatan baut pada video di atas. [Ari/Ikh]


Komentar