Canon Siap Hadirkan Mirrorless Full-Frame 8K Share this
Gadget
Mode baca

Canon Siap Hadirkan Mirrorless Full-Frame 8K

Denny Basudewa
pada 14 Januari 2019

Foto: Canon EOS R

TOKYO – Canon mengakui bahwa pihaknya tengah mengembangkan kamera mirrorless full-frame 8K pertamanya.

Seperti diketahui bahwa dengan kemampuan mengambil video 8K, maka bisa dipastikan kamera tersebut memiliki kualitas lebih baik dari sebelumnya (4K). Hal ini diperkuat dengan ungkapan dari petinggi Canon.

“Sebuah produk yang bisa merekam video dengan kualitas 8K telah siap. Kami akan menggunakannya pada model EOS R-Series dan ini telah menjadi roadmap kami sebelumnya,” ucap Yoshiyuki Mizoguchi, Top Product Planning Executive Canon.

Jika memang benar Canon akan menghadirkan kamera mirrorless full-frame berkualitas 8K, maka hal ini akan menjadi sebuah lompatan besar. Produsen kamera asal Jepang tersebut sebelumnya agak kesulitan dalam menghadirkan produk untuk mengambil video berkulitas 4K.

Meskipun Canon dikenal sebagai pelopor dalam menghadirkan kamera yang mampu menghasilkan gambar Full-HD pada 5D Mark II (2008), namun tidak untuk kemampuan 4K. Untuk urusan satu ini (4K), Canon membutuhkan waktu cukup lama.

Canon menghadirkan kamera dengan kualitas gambar 4K pertama kalinya pada 2016, melalui 4D, 5D Mark IV dan 1D X Mark II. Apa yang dilakukan Canon bisa dibilang ketinggalan dibandingkan produsen kamera lainnya.

EOS R Series sendiri merupakan kamera full-frame pertama Canon. Dengan mid-range yang solid, produsen kamera yang identik dengan warna merah tersebut ingin kembali memanaskan persaingan di segmennya.

“Kami tengah mengembangkan beberapa kamera EOS R sekarang. Namun karena berbagai tingkat fitur pilihan, kami kemungkinan akan meluncurkan model amatir terlebih dahulu,” jelasnya kemudian. [Dew/Ari]


Komentar