Canggih! Ada Kandungan Minyak Kulit Jeruk di Ban Yokohama Share this
Aksesoris
Mode baca

Canggih! Ada Kandungan Minyak Kulit Jeruk di Ban Yokohama

Syubhan Akib
oleh Syubhan Akib
pada 26 Januari 2016

JAKARTA - Meski tak terlihat, ban Yokohama ternyata mengandung sesuatu yang unik. Sebab dalam proses pembuatannya, ban Yokohama tidak lagi menggunakan minyak bumi, melainkan kulit jeruk untuk produksi ban mereka.

Menurut Deputy General Manager PT YHI Indonesia sebagai distributor ban Yokohama, Eka Satria, memaparkan minyak kulit jeruk ini memiliki tugas mengikat molekul-molekul karet alam dan sintetis, untuk lebih meningkatkan kualitas permukaan ban.

Minyak kulit jeruk ini membuat senyawa karet ban menjadi lembut dan fleksibel pada tingkat mikro sehingga mampu mencengkeram jalan dengan lebih baik. Hal ini menjadi penting ketika ban menemui kondisi medan dingin dan basah. Karena di jalan dingin dan basah, karet biasanya mengeras dan kehilangan pegangan di sini minyak kulit jeruk memberikan solusi dengan membuat ban menjadi lebih elastis.

"Ban, walau sama hitam dan bundar, Yokohama memberi produk-produk lebih baik," katanya.

"Hak paten penggunaan minyak kulit jeruk dimiliki hingga 5 tahun ke depan. Kulit jeruk merupakan limbah yang dapat dioptimalkan sehingga tidak terbuang percuma," tambah Tejo Andriastono selaku Manager Marketing PT. YHI Indonesia.

Penggunaan minyak kulit jeruk itu menurut Eka ikut membantu peningkatan performa yang bisa didapat. Hal itu sudah dibuktikan dengan penggunaan ban Yokohama di berbagai kegiatan motorsport internasional seperti Le Mans dan berbagai balapan touring.

Selain itu, penggunaan minyak kulit jeruk ini juga membuat ban Yokohama memiliki rolling resistance rendah dan grip lebih baik dalam kondisi basah. Pada akhirnya, selain meningkatkan performa, keunggulan ini juga membuat energi yang dibutuhkan mobil untuk meluncur menjadi lebih kecil. Konsumsi bahan bakar pun bisa lebih efisien.

"Ban seperti sepatu di kaki kita, kalau tidak enak dipakai, terutama bila bicara urusan safety, akan memengaruhi mobil," jelas Eka.

"Lebih penting lagi, penggunaan minyak kulit jeruk ini membuat kita tidak terlalu mengandalkan minyak bumi, tapi mulai memikirkan bahan-bahan alternatif terbarukan. Ini sangat penting untuk masa depan bumi kita," lugasnya.

Ban Yokohama Edisi Khusus Chelsea FC untuk Indonesia

Salah satu ban yang menggunakan minyak kulit jeruk adalah Yokohama BluEarth-A AE50 edisi spesial Chelsea FC yang baru saja diperkenalkan di Indonesia. Ban ini hanya dibuat sebanyak 2.550 unit untuk disebarkan ke pasar Asia. Indonesia mendapatkan 350 unit Ban Yokohama edisi khusus Chelsea FC dapat dibeli di jaringan toko ban Yokohama.

Ban edisi spesial Chelsea ini terdiri dari 3 jenis ukuran, 195/65R15 (HET : Rp 1,4 jutaan), 205/55R16 (HET : Rp 1,6 jutaan) dan 225/45R17 (HET : Rp 2 jutaan), dan di ketiga ban ini sudah terembos logo dan nama besar Chelsea FC.

"Kini hampir semua ban Yokohama menggunakan teknologi terbarukan ini," cetus Tejo Andriastono selaku Manager Marketing PT. YHI Indonesia.

Sejak 2015, memang Yokohama telah menjalin kerjasama dengan Chelsea FC dan bersanding sebagai Official Shirt Partner Sponsor The Blues. Dan untuk mempertajam momentum kerjasama itu, Yokohama meluncurkan produk ban BluEarth-A AE50 edisi spesial Chelsea FC.

"Kampanye ban edisi spesial Chelsea FC ini resmi diperkenalkan di Tokyo Motor Show, Oktober 2015 lalu. Ban Yokohama-Chelsea FC diproduksi massal Desember tahun lalu dan hanya dibuat sebanyak 2.550 unit ban untuk disebarkan ke pasar Asia," ungkapnya.

"Indonesia mendapatkan 350 unit Ban Yokohama edisi khusus Chelsea FC yang sudah mulai dapat dibeli di jaringan toko ban Yokohama," katanya. [Syu/Idr]

Sumber: Mobil123


Komentar