BYD dan Toyota Kembangkan Kendaraan Listrik Share this
Berita Mobil
Mode baca

BYD dan Toyota Kembangkan Kendaraan Listrik

Ahmad  Richad
oleh Ahmad Richad
pada 6 hari yang lalu

JEPANG - BYD Company (BYD) dan Toyota Motor Corporation (Toyota) akan mendirikan perusahaan penelitian dan pengembangan kendaraan listrik baterai (battery electric vehicles). 

Perusahaan R&D ini nantinya akan merancang platform produksi sekaligus desain dari kendaraan listrik baterai (BEV). Toyota maupun BYD akan memiliki saham dengan porsi seimbang 50 persen. Perusahaan baru ini kemungkinan akan didirikan di Cina pada tahun 2020.

"Kami bertujuan untuk menggabungkan kekuatan BYD dalam pengembangan dan daya saing di pasar kendaraan listrik baterai dengan teknologi keselamatan dan kualitas Toyota yang menyediakan produk-produk BEV terbaik untuk permintaan pasar sedini mungkin." kata wakil presiden senior BYD Lian Yu-bo.

Build Your Dreams (BYD) didirikan pada tahun 1995 sebagai perusahaan baterai dan telah berkembang menjadi perusahaan solusi energi total, tidak hanya memproduksi kendaraan listrik tapi juga produk lain seperti sel penyimpanan energi ukuran besar. BYD menjadi perusahaan pertama di dunia yang menjual kendaraan listrik hibrid plug-in (PHEV) massal. Sejak 2015 dan seterusnya, penjualan BYD untuk BEV dan PHEV telah menempati peringkat pertama di dunia selama empat tahun berturut-turut.

Langkah kerjasama dengan BYD membuat Toyota memiliki bekal platform terbaru, serta memperoleh bagian dalam perkembangan pasar mobil listrik di Cina.

"Kedua pihak memiliki kesamaan tujuan dalam upaya meluaskan penggunaan elektrifikasi saat ini," ujar Executive Vice President Toyota, Shigeki Terashi.

Toyota sendiri telah menjual lebih dari 14 juta kendaraan listrik di seluruh dunia dan telah mengakumulasikan pengetahuan luas mengenai pengembangan, produksi, dan penjualan HEV.

Toyota juga sebelumnya menjalin kerjasama dengan produsen mobil listrik asal China lain di level yang berbeda. Melalui Toyota Motor Engineering & Manufacturing (China) kerjasama berupa fasilitas penelitian dan pengembangan dilakukan bersama FAW Group dan Guangzhou Automobile Grop (GAC). [Ric]
 


Komentar