Bugatti Bakal Pensiunkan Mesin W16 Share this

Bugatti Bakal Pensiunkan Mesin W16

Denny Basudewa
pada 13 September 2018

Foto: Bugatti Chiron

MOLSHEIM – Bugatti dikatakan tidak akan mengembangkan mesin W16 yang saat ini digunakan oleh Chiron dan Divo.

Kabar tersebut datang dari Stephan Winkelmann selaku CEO Bugatti. Ia mengatakan dengan semakin berkembangnya teknologi mesin mobil saat ini, kelanjutan cerita manis sumber tenaga kendaraan yang sangat dahsyat tersebut akan dihentikan.

Penghentian sendiri memiliki makna bahwa tidak akan ada lagi pengembangan lebih lanjut pada W16. Mesin tersebut mengandalkan konfigurasi 16 piston dengan konfigurasi W. Jantung pacu yang saat ini dipakai oleh Bugatti Chiron dan Divo, diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 1.500 hp.

“Ini (mesin W16) akan menjadi generasi terakhir. Karena cepat atau lambat aturan yang berlaku akan memaksa semua pihak untuk berubah. Kami harus mengambil langkah radikal untuk bisa menggunakan teknologi terkini,” ucap Winkelmann.

Menurutnya sangat penting untuk bisa memanfaatkan momen. Disaat kebanyakan pabrikan mobil menciptakan tengah menciptakan mobil masa depan, Bugatti harus mengikuti perkembangan jaman jika tidak ingin ditinggal para penggemarnya.

Bugatti sendiri saat ini tengah fokus mengembangkan mesin baru yang lebih bertenaga dari W16. Hanya saja manufaktur asal Perancis tersebut mencari sumber daya alternatif. Solusinya antara menggunakan model hybrid atau listrik sepenuhnya.

“Jika berat baterai dapat tereduksi cukup jauh di masa mendatang. Kemudian Anda juga bisa mengurangi emisi pada level yang dapat diterima, maka hybrid adalah pilihan terbaik. Namun solusi tersebut tergantung pada selera konsumen Bugatti saat ini,” tutupnya. [Dew/Ari]


Komentar