Bradl Gantikan Lorenzo di Tes MotoGP Sepang Share this
MotoGP
Mode baca

Bradl Gantikan Lorenzo di Tes MotoGP Sepang

Ary Dwinoviansyah
pada 27 Januari 2019

JEREZ - Stefan Bradl didaulat menggantikan posisi Jorge Lorenzo di tes pramusim MotoGP 2019 di Sepang, Malaysia.

Sebuah pemandangan berbeda diperlihatkan Bradl tes WSBK di Sirkuit Jerez, Spanyol kemarin (24/1). Bukannya menunggangi Honda CBR1000RR Fireblade SP2, test rider Honda Racing Corporation (HRC) itu malah membesut motor MotoGP Honda RC213V.

Tampaknya ini menjadi bagian dari rencana Honda untuk memantapkan paketan buat Marc Marquez dan Jorge Lorenzo dalam menghadapi musim 2019 nanti. Apalagi, Lorenzo juga masih dibekap cedera akibat insiden saat latihan motocross di Italia.

Makanya, X-Fuera pun harus absen di tes pramusim di Sepang (6-8 Februari 2019) nanti. Dan, Bradl pun kembali ditunjuk menggantikan perannya. Hal ini juga sudah dikonfirmasi oleh Alberto Puig, Prinsipal tim HRC. Bahkan, Bradl sudah mulai bekerja di Malaysia pada 1-3 Februari.

Namun, ada hal menarik dari pernyataan Bradl terkait perannya sebagai penguji. Menurutnya, peran test rider di MotoGP sekarang ini sangat penting karena keterbatasan pengembangan yang dilakukan oleh pembalap itu sendiri.

"Ada lebih banyak pembalap MotoGP, sementara jumlah tes sedikit. Selain itu, pekerjaan yang dilakukan tim penguji tidak membutuhkan banyak uang karena barang-barangnya sudah mahal," kata Bradl.

Usai pengujian di Jerez, Bradl juga disinggung mengenai tugasnya di HRC. Apakah tujuan utamanya harus membuat Marquez dan Lorenzo lebih kencang?

"Kamu harus mengatasi keduanya. Marc cukup puas, tapi saya sudah lama tidak mengenal (karakter balap) Lorenzo. Namun, dari percakapan pertama soal teknis kami sangat profesional dan menarik," tutup Bradl. [Ary/Ari]


Komentar