Bottas Berhasil Salip Duo Ferrari di F1 Rusia 2017 Share this
F1
Mode baca

Bottas Berhasil Salip Duo Ferrari di F1 Rusia 2017

Denny Basudewa
pada 01 May 2017

Foto: Valtteri Merayakan kemenangan di F1 Rusia 2017

  1. SOCHI – Valtteri Bottas berhasil memenangkan balapan pertamanya pada musim ini di Sirkuit Sochi Autodrom, Rusia.

Pembalap baru Mercedes tersebut naik tiga posisi dan menyingkirkan dua pembalap Ferrari di depannya. Bottas mendominasi jalannya balapan meskipun mendapat banyak tekanan dari Sebastian Vettel.

Dengan penuh percaya diri, pengganti Nico Rosberg yang memutuskan pensiun akhir musim lalu ini, berhasil menahan serangan Vettel yang pada jelang lomba berakhir menggunakan ban super soft. Kemenangan Bottas sendiri menjadikan dirinya sebagai pembalap asal Finlandia kelima yang menang di sirkuit Sochi Autodrom, Rusia.

Vettel sendiri tidak hanya berusaha menyerang pimpinan lomba. Pembalap Ferrari tersebut berusaha keras menjauh dari kejaran juara dunia F1 empat kali Lewis Hamilton. Pada balapan kali ini, Hamilton mengalami kendala di bagian mesin. Temperatur mobilnya terlalu panas sehingga dirinya harus berjuang mempertahankan posisi.

Kemenangan Bottas kali ini juga didukung oleh para pembalap terbelakang yang dioverlap olehnya. Selain itu ekperimennya dengan kompon ban, membuatnya sukses memimpin hingga 2 detik. Sementara tim Ferrari memerintahkan Vettel terus mempertahankan ban yang digunakannya.

Hal yang berbeda diterapkan Ferrari untuk rekan satu tim Vettel yakni Kimi Raikkonen. Dengan berbekal ban super soft, pembalap berjuluk The Iceman tersebut bahkan mampu tampil lebih cepat dari Bottas.

Setelah mengganti ban dengan kompon yang sama dengan Raikkonen, Vettel baru mampu mempersempit jarak. Meskipun menggunakan DRS sekalipun, pembalap Jerman tersebut tidak mampu mengejar ketertinggalan.

Bottas berhasil melintasi garis finish di posisi pertama dan unggul 0,6 detik dari Vettel di tempat kedua. Kemudian podium ketiga dihuni oleh Raikkonen diikuti Hamilton. Meskipun gagal tampil sempurna pada seri keempat F1 2017, Vettel tetap berada di puncak klasemen sementara dengan raihan 86 poin. Sementara Hamilton menempati posisi kedua dengan torehan 73 poin.

Bottas sendiri menempati urutan ketiga dengan nilai 63 poin. Kemudian diikuti Raikkonen dengan 49 poin. Meskipun kedua pembalap Ferrari berada di podium, Mercedes tetap memimpin klasemen konstruktor dengan torehan 136 poin. Raihan ini hanya selisih satu angka dengan tim Ferrari di tempat kedua. [Dew/Ikh]

Berikut hasil balapan F1 Rusia 2017:

  1. Valtteri Bottas FIN Mercedes - Mercedes 51 laps
  2. Sebastian Vettel GER Ferrari - Ferrari +0.617s
  3. Kimi Raikkonen FIN Ferrari - Ferrari +11.000s
  4. Lewis Hamilton GBR Mercedes - Mercedes +36.320s
  5. Max Verstappen NED Red Bull - TAG +1m 00.416s
  6. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +1m 26.788s
  7. Esteban Ocon FRA Force India-Mercedes +1m 35.004s
  8. Nico Hulkenberg GER Renault - Renault +1m 36.188s
  9. Felipe Massa BRA Williams - Mercedes +1 lap
  10. Carlos Sainz ESP Toro Rosso-Renault +1 lap
  11. Lance Stroll CAN Williams - Mercedes +1 lap
  12. Daniil Kvyat RUS Toro Rosso-Renault +1 lap
  13. Kevin Magnussen DEN Haas-Ferrari +1 lap
  14. Stoffel Vandoorne BEL McLaren-Honda +1 lap
  15. Marcus Ericsson SWE Sauber - Ferrari +1 lap
  16. Pascal Wehrlein GER Sauber - Ferrari +2 laps

Komentar