Bosch Kembangkan Sistem Keselamatan Mobil untuk Sepedamotor Share this

Bosch Kembangkan Sistem Keselamatan Mobil untuk Sepedamotor

Denny Basudewa
pada 18 Mei 2018

Foto: Bosch

STUTTGART – Bosch hadirkan inovasi teknologi yang mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi para bikers. Dengan mengandalkan sensor canggih, sepedamotor akan makin menyenangkan untuk dikendarai dengan keamanan setara sebuah mobil modern.

Sepedamotor adalah salah satu kendaraan yang memiliki risiko kecelakaan paling besar. Kuda besi yang telah dilengkapi teknologi keselamatan aktif, menjadi produk yang digemari oleh konsumen dewasa ini.

Bosch sebagai perusahaan teknis dan elektonis multinasional, tengah mengembangkan teknologi keselamatan bagi pengendara sepedamotor. Dengan berbagai inovasi terkini, Bosch siap membawa sejumlah penemuan baru untuk pengembangan lebih lanjut. Dan seluruh fitur ini memiliki banyak kesamaan dengan yang telah diterapkan pada mobil modern.

Sliding Mitigation Research Project

Bosch Bosch

Proyek ini dikembangkan untuk memberikan kenyamanan berkendara khususnya untuk mencegah kendaraan slip, atau kehilangan traksi. Jalan basah, tumpahan oli dan jalan berbatu kerap menjadi masalah bagi para pengendara sepedamotor.

Karena hal tersebut di atas dapat membuat ban kehilangan kontak dengan jalan. Kondisi ini dinamakan slip dan bisa membahayakan para penunggang kuda besi. Karena ketika mengalami kondisi slip, pada umumnya tidak ada yang bisa dilakukan oleh pengendara.

Hal tersebut di atas yang menjadi inspirasi Bosch, untuk menciptakan teknologi Sliding Mitigation Research Project. Teknologi ini berfungsi untuk mengurangi bukaan gas ketika motor mulai mengalami gejala slip. Sebuah sensor digunakan untuk melihat potensi ban mengalami tersebut.

Sistem kerja Sliding Mitigatin Research Project dikatakan mirip dengan airbag pada mobil. Intinya perangkat ini mampu membuat kendaraan tetap pada jalan yang benar.

Radar-based Assistance Systems

Perangkat satu ini memberikan bantuan bagi pengendara sepedamotor dalam memantau kondisi jalan. Teknologi tersebut dapat memberikan peringatan berupa bunyi maupun sinar hingga melakukan intervensi dengan mengurangi kecepatan kendaraan.

  • ACC Adaptive Cruise Control

Peranti ini memberikan pengaturan terhadap jarak dengan kendaraan lain di depannya. ACC membantu menjaga kecepatan kendaraan sesuai dengan kondisi jalan. Teknologi ini diklaim tidak hanya membuat pengendara lebih nyaman di jalan, namun juga memberikan kesempatan pengendara lebih konsentrasi di jalan.

  • Collision Warning System

Dalam mengendarai sepedamotor, kehilangan konsentrasi walaupun hanya sesaat, dapat menyebabkan masalah serius. Atas dasar itulah, Bosch mengembangkan teknologi untuk meminimalisir risiko.

Collision Warning System langsung aktif ketika kendaraan dinyalakan, kemudian langsung  memberikan perlindungan kepada pengendara. Jika sensor menemukan adanya kendaraan lain yang membahayakan, maka pengendara akan mendapat peringatan berupa sinyal bunyi-bunyian maupun lampu.

  • Blind Spot Recognition

Sistem ini bertugas untuk membantu pengendara melihat ke arah yang tidak terlihat, ketika hendak berpindah lajur. Sistem ini mengandalkan sensor elektronik dengan melihat ke arah yang sulit dijangkau sekalipun. [Dew/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
Bosch Kembangkan Sistem Keselamatan Mobil untuk Sepedamotor


Komentar