Bosch Hadirkan Battery in the Cloud dan Help Connect Share this

Bosch Hadirkan Battery in the Cloud dan Help Connect

Denny Basudewa
pada 16 Februari 2020

Foto: Bosch

BERLIN – Pada ajang Bosch ConnectedWold 2020 di Berlin, Jerman, menjadi lahirnya teknologi termutakhir Bosch yakni Battery in The Cloud dan Help Connect.

Internet of Things (IoT) yang berkembang saat ini kerap menjadi solusi praktis dari semua permasalahan sehari-hari. Bosch yang merupakan perusahaan teknologi terkemuka di dunia, menunjukkan apa yang bias dilakukan IoT untuk mempermudah kehidupan sehari-hari, terutama pada mobilitas dewasa ini hingga masa mendatang.

Kian populernya kendaraan listrik, otomatisasi dan system konektivitas, membuat para pembuat kendaraan menuntut penggunaan system elektronik semakin canggih. Apa yang dihadirkan Bosch baru-baru ini, merupakan penguatan system komputasi 1.000 kali lipat yang selaras dengan kebutuhan mobil otonom, mesin (powertrain) dan penggabungan system infotainment dan fungsi bantuan pengemudi.

Battery in the Cloud yang diciptakan oleh Bosch adalah solusi untuk memperpanjang usia baterai mobil listrik. Teknologi ini menganalisis penggunaan baterai secara real time dari kendaraan dan lingkungan sekitar.

Perangkat tersebut mampu mengenali proses pengecasan daya baterai yang tidak optimal, navigasi, perkiraan jarak yang tepat hingga pembayaran yang nyaman.

Selain itu Bosch juga menghadirkan mobile fuel cells dengan jarak tempuh yang jauh, pengisian singkat serta pengoperasian kendaraan yang bebas emisi. Bekerja sama dengan Powercell yang merupakan perusahaan asal Swedia, Bosch masih akan mengembangkan seluruh komponen utama system sel bahan bakar ke tahap siap produksi.

Help Connect ditawarkan oleh Bosch sebagai aplikasi yang dapat menyelamatkan nyawa manusia melalui smartphone atau system bantuan kendaraan. Guna mendukung hal tersebut, Bosch menambahkan beberapa algoritma penyelamatan.

Untuk pengguna yang telah terdaftar dan mengalami kecelakaan, sistem kontrol yang tersematkan pada kendaraan, segera aktif dan memberikan informasi kepada layanan darurat. [Dew/Idr]


Komentar