Bosch Ciptakan Sistem Keyless Sempurna Anti-pencurian Share this

Bosch Ciptakan Sistem Keyless Sempurna Anti-pencurian

Denny Basudewa
pada 21 Desember 2018

Foto: Bosch Keyless

REUTLINGEN – Bosch menciptakan sistem keyless terbaru yang diklaim sempurna cegah pembajakan oleh maling.

Penggunaan kunci analog pada kendaraan saat ini sudah mulai ditinggalkan. Beberapa produsen menggantikannya dengan teknologi baru yang meniadakan penggunaan kunci (keyless). Sistem ini mengandalkan sensor sehingga memudahkan para penggunanya, ketika ingin masuk ke dalam kendaraan maupun menghidupkan mesin.

Namun inovasi tersebut tidaklah sepenuhnya sempurna. Karena sistem ini dengan mudah dibobol oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Dikatakan bahwa hanya membutuhkan waktu kurang dari lima detik, maling sudah bisa membawa kabur sebuah kendaraan yang diincarnya.

Bosch melalui penemuan terbarunya menemukan solusi dari risiko tersebut di atas. Revolusi yang dilakukan perusahaan berbasis teknologi asal jerman ini, membuat sistem keyless sempurna dan kendaraan tidak bisa dibobol pencuri.

“Revolusi sistem keyless kami yang sempurna adalah kunci untuk mencegah pencurian kendaraan, melalui teknologi digital,” tutur Harald Kroger, President of the Bosch Automotive Electronics Division.

Bagian paling menarik dari penemuan baru Bosch ini adalah penggunaan kunci digital melalui smartphone. Sistem ini bekerja dua arah, pada kendaraan ditanamkan sebuah sensor yang dapat mengenali smartphone sang pemilik kendaraan. Sedangkan di dalam smartphone tertanam data sidik jari sebelumnya untuk membuka pintu.

Kunci digital di dalam smartphone sendiri terdapat pada sebuah aplikasi buatan Bosch. Sementara data yang digunakan oleh kendaraan disematkan pada cloud.

Sistem ini dikatakan tidak hanya bisa dinikmati oleh para pemilik kendaraan pribadi saja. Namun teknologi tersebut dapat dipakai untuk taksi online, mobil operasional kantor atau biasa dikenal dengan sebutan fleet. [Dew/Idr]


Komentar