Bos Mitsubishi: 2018, We Will Rock You! Share this
Berita Mobil
Mode baca

Bos Mitsubishi: 2018, We Will Rock You!

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 17 Februari 2018

JAKARTA - Target utama PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di 2018 adalah menjadi salah satu penyumbang penjualan terbesar bagi Mitsubishi Motors Corporation (MMC).

Pertumbuhan penjualan kendaraan yang masih akan tumbuh tipis di tahun ini, tidak menyurutkan niatan MMKSI untuk terus merangsang pasar. Peluncuran produk-produk baru Mitsubishi hanyalah segelintir dari rencana MMKSI.

Masih banyak program yang disiapkan oleh Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) Mitsubishi di Indonesia ini. Satu diantaranya adalah menambah layanan penjualan dan purna jualnya di Tanah Air.

Saat ini, MMKSI sudah memiliki 112 dealer. Jumlah tersebut akan ditingkatkan menjadi 143 dealer hingga tahun fiskal 2018. Sementara untuk purna jual, MMKSI akan mengoptimalkannya dengan berbagai cara. Mulai dari program gratis biaya servis, maksimalisasi layanan service booking hingga aplikasi My Mitsubishi Motors ID sebagai penunjang kegiatan konsumen dengan mobilnya.

Selain itu, kapasitas produksi pabrik MMKI juga akan ditingkatkan. Tujuan utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan inden konsumen terhadap Mitsubishi Expander yang sudah mencapai 7 ribu unit setiap bulannya. Sebagai informasi, tahun 2017 mobil yang dijual mulai Rp 189.050.000,00 – Rp 245.350.000,00 ini sudah terjual sebanyak 11.890 unit.

"Sekarang semakin banyak konsumen yang menggunakan Xpander kami. Jadi, mereka yang beli harus kami akomodir agar mereka puas," buka Kyoya Kondo, Presiden Direktur PT MMKSI saat media gathering di Jakarta Selatan (15/2/2018).

Kegiatan bersifat ATL (above the line), BTL (below the line) dan PR (public relations) tak akan luput dari perhatian. MMKSI bahkan sudah siap menggelar lebih dari 1.000 event. Mulai dari pameran otomotif internasional, regional sampai pameran spesial. Mereka juga akan menerapkan standarisasi baru untuk konsepnya nanti. Hal ini terkait dengan rencana MMKSI untuk memperkuat brand Mitsubishi Motors.

"Di 2018 ini kami mempunyai visi Top of Mind untuk brand Mitsubishi di Indonesia. Dengan pertimbangan pasar tumbuh positif," kata Kondo San.

Bahkan, Kondo berani mengumbar penjualan MMKSI bisa menembus 140 ribu unit tahun ini. Target tersebut lebih dari dua kali lipat pencapaian MMKSI tahun lalu.

Di 2017, MMKSI berhasil menorehkan total penjualan kendaraan sebanyak 79.669 unit (Jan-Des 2017) yang terdiri dari penjualan kendaraan penumpang 36.025 unit (Pajero Sport, Xpander, Outlander Sport, Delica dan Mirage) dan kendaraan niaga ringan sebanyak 43.644 unit (Triton, Colt L300 dan Colt T120SS).

Triton 4x2 dan L300 merupakan penyumbang tersebar di segmen ini yaitu 23.096 unit. Sementara Mitsubishi Pajero Sport 4x2 menjadi mobil terlaris Mitsubishi karena terjual sebanyak 19.070 unit.

Padi Reborn bersama Kyoya Kondo, Presiden Direktur MMKSI

"Tentu saja kompetisi akan ketat di tahun ini. Tapi, yang bisa kami lakukan adalah mengakomodasi kebutuhan konsumen. Tahun lalu penjualan kami ada di peringkat empat setelah Amerika Serikat, Jepang dan China. Tapi, dengan target 140 ribu unit Indonesia di MMC bisa jadi terbesar kedua. Saya akan coba mengatur target ini supaya bisa tercapai," pungkas Kondo yang kemudian naik ke panggung bersama grup band Padi Reborn sembari menyanyikan lagu berjudul "We Will Rock You".

Kondo tampak bersemangat saat menyanyikan lagu karya Queen tersebut. Lirik-lirik pada lagu tersebut juga seolah menandakan dimulainya gebrakan Mitsubishi di Indonesia tahun ini. [Ary/Ari]


Komentar