Bola Panas "MPV Murah" Mitsubishi Indonesia Share this
Berita Mobil
Mode baca

Bola Panas "MPV Murah" Mitsubishi Indonesia

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 08 Juni 2017

Foto: Mitsubishi "Expander" sebagai pesain Toyota Avanza

JAKARTA - Kyoya Kondo menggantikan Hisashi Ishimaki per 1 April sebagai Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Ini seakan menyerahkan kelanjutan rencana memasarkan small MPV di Indonesia.

Tentang small MPV, Kondo pun merasa rencana ini sangat baik karena mampu meningkatkan penjualan kendaraan Mitsubishi secara global. Pria asal Jepang ini berbesar hati mendukung strategi Mitsubishi Indonesia dalam rencana menjual small MPV sebagai pesaing Avanza CS.

Di saat menikmati jabatan baru, Ia ditantang menerapkan strategi baru di tengah minimnya pengalaman Mitsubishi bermain di segmen small MPV di Indonesia, begitu pun di negara lain. Dengan dorongan ini wajar saja Kondo merasa tertantang untuk mengobrak-abrik segmen small MPV 7-seater yang tentunya dengan strategi jitu telah dipersiapkan.

"Di pasar ini, small MPV kami tidak punya model sebelumnya. Merek lain sudah mulai sejak beberapa tahun lalu. Dan kami sangat tertantang, meskipun kami tidak punya pengalaman di Indonesia menjual small MPV. Merek kami sudah sangat terkenal di segmen kendaraan komersial dan di pasar itu kami sudah mendominasi," kata Kondo di Jakarta.

"Kami harus mengubah pandangan konsumen dari produsen kendaraan komersial menjadi kendaraan penumpang. Tetapi itu tidak gampang."

Seperti diketahui, small MPV Mitsubishi yang dikabarkan menggunakan nama Expander tersebut akan bermain di segmen small MPV dengan rentan harga mulai Rp 150 - Rp 250 jutaan. Di sana ada Toyota Avanza yang sangat mendominasi penjualan small MPV nasional.

Sementara di tengah kesibukan MMKSI merencanakan sesuatu besar untuk small MPV-nya, merek mobil China Wuling Confero S lebih terdahul dikenalkan dengan harga yang masih dirahasiakan. Mobil 7-penumpang ini menawarkan kenikmatan berkendara karena telah dijejali berbagai fitur unggulan. Belum lagi memberikan interior lega (head room & leg room).

Dengan kehadiran mobil China yang diyakini setara MPV-MPV Jepang lain dari segi fitur, maka masyarakat Indonesia kian banyak pilihan akan small MPV. Porsi "Kue" di segmen ini pun kian mengecil. Semakin yakinkah small MPV Mitsubishi untuk berkompetisi dan mencuri perhatian konsumen?

Dalam hal ini, Kondo belum bisa buka mulut. Namun, satu yang patut untuk diingat seperti dijelaskan Kondo, yaitu merek mobil bagi orang Indonesia masih dianggap sebagai yang terbaik dalam menentukan pilihan, setelah itu desain.

"Brand sangat penting. Karena saya pikir orang Indonesia melihat mobil adalah aset seperti rumah. Karena itu brand sangat penting setelah itu desain," tutup Kondo. [Ikh]


Komentar