BMW X3 dan MINI akan Murni Tenaga Listrik Share this
Berita Mobil
Mode baca

BMW X3 dan MINI akan Murni Tenaga Listrik

Denny Basudewa
pada 03 Oktober 2016

Foto: BMW Siapkan X3 dan MINI Murni Tenaga Listrik

PARIS - BMW menyatakan siap perang mobil listrik setelah memastikan akan menyediakan sport utility vehicle (SUV) X3 dan MINI murni memanfaatkan tenaga listrik. Artinya X3 adalah SUV pertama BMW yang bertenaga listrik.

Rencana ini untuk mengantisipasi gempuran mobil listrik lansiran Daimler AG, Volkswagen AG dan Tesla Motors Inc (TSLA.O) yang cukup agresif mengembangkan mobil penumpang bertenaga listrik.

Selama ini mobil murni tenaga listrik BMW adalah city car i3, sementara projek "i" yaitu i8 masih mengandalkan mesin bakar sebagai tenaganya (plug-in hybrid). Namun, penjualan i3 dan plug-in hybrid i8 belum maksimal. Untuk mendongkrak penjualan mobil listrik, BMW pun merencanakan produk lebih mutakhir.

Dilansir Reuters, MINI murni listrik diharapkan untuk debut dunia sekitar tiga tahun mendatang, kata salah satu pejabat BMW. Sementara X3 murni tenaga listrik belum bisa dipastikan.

Diberitakan sebelumnya, Tesla berupaya untuk menjual 80.000 atau lebih sedan listrik dan mobil sport tahun ini, dan mereka mengatakan bahwa hampir 400.000 calon pembeli telah menempatkan pemesanan untuk sedan Model 3.

Elon Musk, Tesla Chief Executive mengatakan Model 3 ditargetkan sudah bisa diluncurkan pada Juli 2017. Sementara Daimler dan VW menggunakan Paris Motor Show tahun ini untuk mempromosikan rencana peluncuran mobil listrik baru yang lebih maju lagi.

Di Amerika Serikat, California dan beberapa negara lainnya telah menghadapi lonjakan permintaan mobil listrik. Tujuan California adalah bahwa 15 persen dari kendaraan yang dijual di negara bagian pada 2025 adalah mobil listrik.

Para pembuat kebijakan di China, pasar kendaraan terbesar di dunia dan Eropa juga mendorong agar produsen otomotif untuk lebih memperbanyak memproduksi mobil listrik. [Ikh/Ikh]


Komentar