BMW Motorrad Tawarkan Koneksi Terlengkap di Sepedamotornya Share this

BMW Motorrad Tawarkan Koneksi Terlengkap di Sepedamotornya

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 05 Juni 2018

JAKARTA - BMW Motorrad menyajikan teknologi baru dan terlengkap terhadap produk favorit serta terkininya yang masuk pasar Indonesia.

Pesatnya perkembangan teknologi menuntut BMW Motorrad melahirkan terobosan terbaru bernama BMW Motorrad Connectivity. Sebuah fitur yang sarat fungsi guna menyamankan pemilik sepedamotor BMW.

Fitur ini hadir pada sebuah dashboard dengan layar Thin Film Translator (TFT) berukuran 6,5 inci. Di dalamnya juga terdapat berbagai informasi yang menjadi kebutuhan pemilik sepedamotor.

"BMW Motorrad Connectivity bukan layar TFT biasa karena memiliki teknologi koneksi yang ekstensif serta memberikan informasi yang jelas untuk kebutuhan para riders," kata Joe Frans, CEO BMW Motorrad.

Saat memperkenalkannya di markas mereka di bilangan Jakarta Selatan (4/6/2018), Joe Frans menerangkan pengendara dapat menikmati ragam layanan juga fungsinya. Mulai dari informasi soal sepedamotor, alat komunikasi, media hiburan, hingga navigasi.

Lebih lanjut, Eric Johannes Handoko selaku Product Manager BMW Motorrad menjelaskan bahwa pada cluster instrumen, pemilik motor dapat melihat langsung informasi dan fitur-fitur dari sepedamotornya. Antara lain adalah riding mode, tekanan angin (depan-belakang), gear, suhu sekitar, jam, suhu mesin, jarak tersisa dengan bahan bakar tersedia, catatan waktu perjalanan, hingga yang menarik adalah tampilan sinyal serta kapasitas baterai yang tersisa dari telepon pintar Anda.

Sedangkan untuk menikmatinya sebagai alat komunikasi, fitur ini harus terhubung dengan smartphone. Dengan begitu, Anda bisa melakukan penggilan keluar atau menerima telepon meski dalam perjalanan sekalipun.

Seluruh daftar nomor telepon yang tersimpan pada smartphone bisa dilihat pada layar TFT tersebut. Untuk melakukan panggilan, Anda cukup memilihnya dengan multi controller yang ada di bagian kiri setang.

Dengan catatan, koneksi hanya bisa dilakukan dengan perangkat bluetooth seperti Sena, Packtalk dan sejenisnya, Anda bisa berbicara dari balik helm. Menariknya, koneksi ini bisa digunakan untuk dua helm (pengendara dan penumpang) sekaligus.

BMW Motorrad Connectivity juga dapat menjadi penghibur di jalan. Pasalnya, Anda juga dapat memilih koleksi lagu dari smartphone yang akan tampil pada dashboard. Pemilihan lagu bisa juga memanfaatkan kontrol multi fungsi tadi. Tentunya perjalanan makin menyenangkan karena Anda dan penumpang bisa mendengarkan lagu bersama-sama.

Terakhir, fitur yang sekarang baru tersedia pada unit BMW R1200GS ini dapat menyajikan layanan navigasi. Pemiliknya hanya perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi bernama BMW Motorrad Connected baik dari iOS maupun Android secara gratis. Keunggulannya bukan sekedara menjadi penunjuk arah, dengan aplikasi ini pengendara bisa merekam rute perjalanan karena sudah terhubung dengan GPS.

"Tampilan yang terlihat pada layar sederhana yakni rute dan voice command, bukan dalam bentuk map (peta). Tujuannya adalah untuk meminimalisir gangguan. Anda cukup mendengarkan arahan melalui perintah suara saja," tambah Joe Frans.

Sayang, fitur ini tidak bisa diaplikasi oleh unit BMW R1200GS lama. Sementara bagi calon konsumen yang ingin meminang unit BMW R1200GS dengan BMW Motorrad Connectivity harganya adalah Rp 755 juta off-the-road.

Dan ke depan perangkat serupa akan diterapkan pada beberapa model BMW Motorrad lain seperti R1200GS Adventure, F850GS, F750GS dan Skuter besar C400X. [Ary/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
BMW Motorrad Tawarkan Koneksi Terlengkap di Sepedamotornya


Komentar