BMW i8 Dijual dengan Harga Fantastis Share this
Mobil Baru
Mode baca

BMW i8 Dijual dengan Harga Fantastis

Adi Hidayat
pada 11 Agustus 2016

TANGERANG - BMW i8 resmi dijual di Indonesia. Masuk pasar otomotif Tanah Air, mobil yang didatangkan dari Jerman ini dilepas dengan harga Rp 3,5 miliar (off-the-road).

BMW i8 adalah sports car dengan dimensi panjang 4.689mm, lebar 1.921mm, tinggi 1.297mm dan wheelbase mencapai 2.800mm. Body-nya didesain sangat khas untuk  mengejar kata mewah dan sporty. Eksteriornya mengutamakan aerodinamika sebagai sports car dengan konfigurasi kursi 2+2.

Masuk interior, Anda akan disuguhkan panel instrument modern berdesain datar untuk menegaskan luasnya interior. Sementara itu strukturnya dibuat dengan prinsip 'layering' sehingga menciptakan kesan ringan serta kuat.

Uniknya, interior BMW i8 menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan. Di antaranya adalah bahan kulit yang disamak dengan ekstrak daun zaitun. Cara ini digunakan agar kursi terhindar dari proses produksi yang merusak lingkungan, namun tetap memberikan kualitas terbaik dan tampilan alami. Bahkan kunci mobil terbuat dari plastik biopolymer berbahan dasar minyak jarak.

BMW i8 menggunakan mesin bensin 1.5-liter BMW TwinPower Turbo 3-silinder teknologi Valvetronic dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 231hp dan torsi mencapai 320Nm untuk menggerakkan kedua roda belakang.

Mesin tersebut dikawinkan dengan BMW eDrive technology electric motor, 2-speed transmission. Motor listrik tersebut mampu melontarkan tenaga sebesar 102hp (puncak tenaga 131hp) dan torsi 250Nm dari tenaga listrik yang disimpan pada baterai lithium-ion. Tenaga listrik selanjutnya untuk menggerakkan kedua roda depan. Baterai ini dapat diisi ulang dengan sumber listrik konvensional.

Sistem hybrid plug-in dikembangkan dan diciptakan oleh BMW Group dan memungkinkan mobil bergerak sejauh 37 km dengan kecepatan maksimal 120 kpj hanya dengan bermodal tenaga listrik.

Klaim produsen, kombinasi dari BMW TwinPower Turbo dan teknologi BMW eDrive mampu menghasilkan tenaga maksimal 362hp dan hanya membutuhkan waktu 4,4 detik untuk mencapai kecepatan 100 kpj dari posisi diam. [Adi/Ikh]


Komentar