BMW i3 Ditopang Baterai Baru dan Menjelajah Semakin Jauh Share this

BMW i3 Ditopang Baterai Baru dan Menjelajah Semakin Jauh

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 03 Mei 2016

MUNICH - BMW i3, mobil listrik menakjubkan dari BMW semakin cerdas dengan baterai baru yang sanggup menjelajah sejauh 313 km dengan sekali proses pengisian baterai.

Peningkatan daya jelajah ini dicapai berkat pemasangan baterai baru 94Ah bertenaga 33 kWh, menggantikan baterai lama (60Ah) berkekuatan 21,8 kWh.

Baterai baru mampu meningkatkan daya jelajah sebesar 50 persen lebih jauh menurut NEDC cycle. Sekedar informasi, baterai lithium-ion tersebut disuplai oleh Samsung dan tetap sama bentuknya sehingga tidak perlu mengubah ruang penempatan.

BMW i3 dengan baterai baru tersebut baru akan tersedia pada Juli mendatang dengan harga Rp 539 juta untuk pasar Eropa.

BMW tidak mengubah kemampuan motor listriknya. Motor listriknya tetap memiliki tenaga setara 170 hp dan 250 Nm dan bergerak dari 0-100 kpj dalam waktu 7,3 detik dan kecepatan maksimal 150 kpj.

Pesaing berat Mercedes-Benz ini juga akan menawarkan BMW i3 Range Extender dengan generator dua-silinder yang mampu memberikan jarak tempuh sejauh 276 mile (444 km), atau jarak tambahan 131 km. Generatornya berfungsi menyuplai tenaga ke baterai.

Kemampuan motor listriknya tidak berubah, namun varian ini hanya mampu bergerak dari 0-100 kpj dalam waktu 8,1 detik sebelum menyentuh kecepatan maksimal 150 kpj.

Letak perbedaan lain pada varian ini adalah mengeluarkan gas buang 12 g/km. Sementara harganya lebih mahal Rp 61 juta dari tipe standar. [Amo/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
BMW i3 Ditopang Baterai Baru dan Menjelajah Semakin Jauh


Komentar