BMW Hidupkan Kembali Garmisch Bertone 1970 Share this
Mobil Konsep
Mode baca

BMW Hidupkan Kembali Garmisch Bertone 1970

Helmi  Reinaldi
oleh Helmi Reinaldi
pada 19 Agustus 2019

Foto: BMW Garmisch Bertone dan Vision M Next

REGINA – Mobil konsep bisa datang dan hilang tanpa jejak. Seperti mobil konsep BMW Garmisch Bertone yang dipamerkan pada ajang Geneva Auto Show 1970 dan tidak jelas kelanjutannya.

Selang sekitar 50 tahun kemudian, produsen mobil asal Jerman tersebut memutuskan untuk menghidupkan kembali Garmisch Bertone. Sayangnya mereka tidak memiliki data dan dokumen yang lengkap terkait mobil konsep lawas satu ini.

Maka dari itu, BMW's head of design, Adrian van Hooydonk memutuskan untuk bertemu dengan desainer asli mobil tersebut yakni Marcello Gandini. Keduanya coba menciptakan kembali Garmisch Bertone dengan bantuan teknologi masa kini.

Pada tahap awal, tim desain BMW menciptakan model 3D dari mobil ini di komputer. Kemudian dilanjutkan dengan menerjemahkannya menjadi model tanah liat. Sejumlah perbaikan coba mereka terapkan pada desain awal.

Setelah melalui proses panjang, BMW Garmisch Bertone sukses diwujudkan kembali. Kesan klasik masih terpancar dari tampilan eksterior maupun interior mobil ini. Wajar memang, mengingat mobil ini sudah diciptakan sejak 1970 dan BMW berusaha tetap mempertahankan ciri khasnya.

Garmisch Bertone sempat dipamerkan BMW bersama dengan mobil konsep terbaru mereka, Vision M Next di Villa d’Este, Regina, Italia. Menarik tentunya melihat duet dari masa lalu dan masa kini secara bersamaan. [Hlm/Idr]


Komentar