BMW dan PLN Kian Serius Sambut Mobil Listrik Share this

BMW dan PLN Kian Serius Sambut Mobil Listrik

Amos Arya
pada 15 Desember 2017

Foto: BMW X5 dan SPLU (Foto: Amos Arya)

JAKARTA - Guna menghadirkan SPLU berkualitas, BMW secara resmi menjalin kerjasama dengan PLN.

BMW Group Indonesia menjadi produsen mobil pertama yang bekerjasama dengan PLN dalam proyek masa depan ini. Pada kerjasama kali ini, produsen mobil asal Jerman ini mendonasikan 1 unit BMW Wallbox Plus untuk dijadikan bahan riset.

Kerjasama tersebut juga dilatarbelakangi akan meningkatnya permintaan masyarakat yang memiliki kendaraan listrik dan rencana pemerintah untuk menghadirkan kendaraan-kendaraan listrik atau LCEV (Low Carbon Emission Vehicle).

Sebelum bekerjasama dengan BMW, PLN telah memiliki Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) sebanyak 900 unit di Jakarta. Rencananya hingga akhir 2017, PLN akan menghadirkan total 1.000 unit SPLU di Ibu Kota Indonesia.

Dengan adanya kerjasama ini, PLN semakin yakin dapat menghadirkan SPLU yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna kendaraan listrik di Indonesia.

“Kami sangat senang dapat bekerjasama dengan BMW. Kami semakin yakin teknologi SPLU kami akan semakin baik. Kedepannya, kami akan menggunakan teknologi fast charging di setiap SPLU kami,” tutur M. Ikhsan Asaad, General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya.

BMW Group Indonesia

Pada proses kerjasama ini, PLN dan BMW akan melakukan serangkaian workshop dan uji coba guna menjamin kualitas terbaik dari SPLU hasil kolaborasi ini. BMW Wallbox Plus ini rencananya akan dipelajari lebih lanjut oleh pihak PLN untuk diaplikasikan pada setiap SPLU.

Kerjasama ini juga dinilai sangat penting bagi BMW Group Indonesia karena semakin meningkatnya permintaan konsumen akan kendaraan-kendaraan Plug-in Hybrid. Hal tersebut semakin terlihat setelah peluncuran BMW i8 di GIIAS 2016.

“Kami membutuhkan usaha lebih besar untuk meyakinkan konsumen dalam mengadopsi E-Mobility. Oleh karena itu, ini merupakan momen penting untuk BMW dan PLN dalam usaha untuk meninggalkan jejak karbon sekecil mungkin untuk generasi masa depan,” tutur Karen Lim, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.

Sports car hybrid terbaru BMW ini diklaim semakin diminati dengan adanya pertumbuhan hingga 80 persen hingga November 2017. Sebelum bekerjasama dengan PLN, BMW telah memiliki 2 charging station yang terletak di 2 dealer BMW i di Serpong dan Tebet. [Amo/Ikh]


Komentar