Bloodhound Supersonic Siap Pecahkan Rekor Kecepatan Share this
Berita Mobil
Mode baca

Bloodhound Supersonic Siap Pecahkan Rekor Kecepatan

Denny Basudewa
pada 24 Oktober 2017

Foto: Bloodhound Supersonic Car

NEWQUAY – Bloodhound Supersonic siap pecahkan rekor kecepatan kendaraan 26 Oktober 2017 di landasan terbang Newquay, Inggris.

Mobil bertenaga mesin jet Bloodhound berencana untuk melakukan pengetesan pertama kalinya, dengan harapan mampu menempuh kecepatan lebih dari 200 mph atau 321 kmh. Mobil dengan jantung pacu EJ200 akan menempuh jarak 2,7 kilometer.

Lintasan ini sendiri kerap digunakan beberapa kendaraan untuk menguji mobil, dalam hal pengendalian, pengereman, suspensi dan sistem data. Bloodhound menyematkan mesin jet yang biasa digunakan pesawat tempur Eurofighter Typhoon.

Sementara mesin EJ200 sendiri dikembangkan oleh Rolls-Royce. Selain memasok sumber tenaga untuk pesawat komersial, mereka juga menyematkan jantung pacu untuk pesawat tempur.

Bloodhound Supersonic Car (SSC) akan dikendarai oleh pilot Andy Green. Ia merupakan orang yang pernah memecahkan rekor sebelumnya dengan SSC pada 1997.

Sementara selaku sponsor Castrol telah 21 kali memecahkan rekor kecepatan bersama Bloodhound. Sejak 2014, kedua belah pihak terus mengembangkan rekor kecepatan pada sebuah kendaraan setiap tahunnya.

Bloodhound sendiri merupakan sebuah proyek yang menggabungkan teknologi, sains, teknik mesin dan matematika untuk generasi selanjutnya. Pekerjaan yang mereka lakukan diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada generasi di masa mendatang. [Dew/Ikh]


Komentar