BlackBerry dan Jaguar Land Rover Kembangkan Teknologi Infotainment Generasi Baru Share this

BlackBerry dan Jaguar Land Rover Kembangkan Teknologi Infotainment Generasi Baru

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 23 Maret 2018

Foto: Sistem infotainment Range Rover Velar

WATERLOO - BlackBerry dan Jaguar Land Rover akan mengembangkan sistem infotainment generasi baru untuk mobil-mobil masa depan Jaguar Land Rover.

Sebagai bagian dari kemitraan mereka, BlackBerry akan melisensikan teknologi QNX dan Certicom ke Jaguar Land Rover, serta menugaskan tim insinyur untuk mendukung pengembangan modul Electronic Control Unit (ECU) baru. Proyek ECU pertama akan menjadi sistem infotainment generasi berikutnya.

Teknologi infotainment tersebut diklaim mampu memberikan banyak kelebihana jika dibandingkan dengan sistem infotainment lainnya. QNX unit sendiri sedikit demi sedikit telah diadaptasi dalam sistem infortainment beberapa produk andalan Jaguar Land Rover.

Namun BlackBerry menjamin akan menciptakan generasi baru QNX pada 2019 dan dipastikan akan langsung digunakan oleh setiap kendaraan Jaguar Land Rover. Sistem infotainment generasi terbaru tersebut didesain untuk kendaraan non-konvensional.

BlackBerry memprediksi pada 2021, 82 persen mobil baru akan menggunakan teknologi hybrid dan 17,8 persen dari produk baru tersebut akan menggunakan teknologi full-digital.

“Terkoneksi dan mobil otonom akan berfungsi dengan baik dengan menggunakan banyak sekali data. Produsen mobil seperti Jaguar Land Rover sadar bahwa mereka perlu aktif untuk menciptakan software baru bagi kendaraan mereka,” tutur John Wall, Senior Vice President and Head QNX Software Systems Limited.

Dengan menyematkan teknologi infotainment terbaru tersebut, Jaguar Land Rover diprediksi akan menggunakan prosesor Qualcomm. Prosesor tersebut juga telah digunakan oleh produsen mobil mewah dunia. [Amo/Ari]


Komentar