Berpetualang dengan Hyundai Tucson CRDi Share this
Review Mobil
Mode baca

Berpetualang dengan Hyundai Tucson CRDi

Denny Basudewa
pada 05 Juli 2017

Foto: Hyundai Tucson CRDi

JAKARTA - New Hyundai Tucson CRDi merupakan SUV medium asal Korea yang menawarkan sensasi kenyamanan berkendara.

PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) menambah jajaran line-up produknya, dengan mengenalkan all-new Tucson. Seremonial hadirnya SUV terbaru ini berbarengan dengan diresmikannya kantor pusat baru HMI di Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Produk terbaru dari HMI ini, sekilas tidak terlalu banyak berubah jika dibandingkan pendahulunya. Namun yang istimewa adalah pilihan mesin diesel terbaru yang memiliki kemampuan mengagumkan. Meskipun berkubikasi lebih kecil, jika dibandingkan kompetitor, compact SUV ini menawarkan torsi melimpah.

Hyundai Tucson CRDi Hyundai Tucson CRDi

Eksterior

Seperti dikatakan sebelumnya jika dilihat sekilas, wujud all-new Hyundai Tucson CRDi tidak ada perbedaan dibandingkan sebelumnya. Namun ketika diperhatikan dengan seksama, mobil yang memiliki dimensi layaknya sebuah SUV berukuran menengah ini dikaruniai sejumlah fitur modern yang memanjakan konsumen. Lampu utama all-new Hyundai Tucson CRDi, kini dilengkapi fungsi untuk menentukan jauh-dekat sorotan cahaya (positioning lamp).

Bagian paling menarik dari SUV medium asal negeri Ginseng ini adalah adanya empat buah kamera yang disematkan pada grille, pintu belakang dan spion kanan serta kiri. Keempat kamera tersebut masuk ke dalam fitur Eagle’s Eye Camera yang membantu pengendara memantau kondisi sekitar. Fitur ini sendiri sangat berguna ketika pengguna pemula untuk parkir pararel.

Hyundai Tucson CRDi Hyundai Tucson CRDi

Interior

Bagi Anda pernah mengenal atau bersentuhan dengan Santa Fe maka tidak akan langsung akrab pada suasananya. Karena untuk diketahui, desain interior kedua SUV berbeda genre ini tak jauh berbeda.

Perhatian langsung tertuju pada sistem hiburan saat pertama kali berada di balik kemudi. Hyundai Tucson CRDi dilengkapi dengan layar-sentuh 8” dengan beberapa tombol pengatur di bawahnya. Konsumen dengan mudah mengakses kamera samping maupun depan dan belakang melalui satu sentuhan.

Hyundai Tucson CRDi menyuguhkan konfigurasi kursi untuk lima-penumpang. Dengan lebar keseluruhan kendaraan 1.850mm, konsumen akan merasakan kenyamanan maksimal dalam melakukan perjalanan. Artinya tidak ada masalah berarti bagi seluruh penumpang untuk mencari posisi duduk terbaik.

Tak ketinggalan, salah satu fitur yang diunggulkan pada Hyundai Tucson CRDi adalah adanya panoramic roof. Ini dapat memberikan kesan kabin lebih luas dan konsumen dapat menikmati indahnya alam sekitar apalagi ketika mengunjungi tempat-tempat wisata alam Tanah Air.

Fitur panoramic roof ini sendiri dapat dioperasikan melalui satu tombol dengan dua mode. Pertama Anda hanya bisa membuka lapisan kain terdalamnya saja, kemudian satu sentuhan lagi untuk membuka kaca.

Hyundai Tucson CRDi Hyundai Tucson CRDi

Performa

Menu utama dari Hyundai Tucson CRDi terntunya terdapat pada mesin diesel berkapasitas 1.995cc EVG (Electronic Valve Geometric) Turbo. Sumber tenaga ini memiliki tenaga maksimal 178 hp berikut dengan torsinya yang cukup melimpah hingga 400 Nm.

Hyundai Tucson CRDi Hyundai Tucson CRDi

Performa mesin sendiri menawarkan tenaga besar. Lonjakan torsi begitu besar tatkala kami mencoba mode sporty. Cukup dengan sentuhan lembut pada pedal gas, mesin empat silinder Hyundai Tucson CRDi langsung memuntahkan tenaga pada roda depan, sehingga kami terasa seperti tertarik ke belakang. Pada mode normal suguhan tenaga seperti tertahan dan respon dari bukaan gas agak terlambat. Kemudian pada mode eco, konsumen akan merasakan gerak kendaraan yang halus nan dinamis.

Mengendarai SUV medium asal negeri Ginseng ini, tidak ubah layaknya sebuah sedan mewah. Aksen hitam pada kabin dengan jok empuk berlapis bahan fabric memberikan peranan penting. Suara mesin khas diesel terdengar sayup-sayup dalam kabin, karena peredaman yang cukup baik dari kendaraan.

Panel instrumen yang dilengkapi MID cukup memberikan informasi penting mengenai informasi kendaraan. Mengendarai Hyundai Tucson CRDi sangat menyenangkan, karena posisi menyetir dapat diatur senyaman mungkin berkat fitur tilt & teleskopik steering, serta ketinggian jok yang naik atau turun sesuai selera.

Sebagai SUV perkotaan, Hyundai Tucson CRDi menyajikan performa dinamis dan bervariasi. Hal ini berkat adanya fitur mode berkendara yang tersedia dalam tiga pilihan yakni sport, normal dan eco. Kenyamanan berkendara juga didukung oleh hadirnya audio switch dan cruise control pada alat kemudi.

Tidak berhenti di situ, Hyundai membenamkan fitur terbarunya pada Tucson CRDi yakni power tail gate. Hal ini tentunya memudahkan konsumen membuka maupun menutup pintu bagasi melalui satu sentuhan jari.

Satu lagi fitur yang cukup membantu dalam berkendara dengan Hyundai Tucson CRDi adalah adanya LED light repeater pada side mirror. Hal ini termasuk dalam fitur keselamatan yang menemani ABS, EBD, Dual Airbag dan Advanced High Strengh Steels (AHSS). Teknologi yang terakhir disebut membuat mobil ini mendapatkan bintang lima pada tes tabrak Europe NCAP dan NCAP NHTSA.

Hyundai Tucson CRDi dihargai Rp 458 juta. Di pasar Indonesia posisinya akan bermain di range SUV yang cukup lebar. Mulai dari crossover SUV hingga SUV medium berbahan bakar diesel maupun bensin.

Apalagi dengan tingkat kenyamanan sedemikian dan mesin diesel dengan teknologi advandce, tentunya mobil ini akan bersaing mulai dari kelas Mitsubishi Outlander, Nissan Juke, Honda H-RV, Mazda CX-3 hingga Honda CR-V, Nissan X-Trail, Chevrolet Captiva hingga saudara tuanya KIA Sportage. [Dew/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Berpetualang dengan Hyundai Tucson CRDi


Komentar