Berbekal Data, Ali Adrian Optimis Lakoni Debut ASB1000 di Suzuka Share this
Balap Lain
Mode baca

Berbekal Data, Ali Adrian Optimis Lakoni Debut ASB1000 di Suzuka

Ary Dwinoviansyah
pada 21 Juni 2019

JAKARTA — Ali Adrian bakal memulai debutnya bertarung di kejuaraan Asia Road Racing Championship (ARRC) di Sirkuit Suzuka, Jepang. 

ARRC 2019 menjadi panggung baru bagi Adrian untuk melanjutkan karir balapnya. Tak tanggung, kategori yang dipilih pun merupakan kelas tertinggi yaitu ASB1000. 

Pada keikutsertaannya ini, Adrian bernaung di tim OneXOX TKKR SAG dengan tunggangan BMW S1000RR. Dia menyadari keduanya (balapan di Suzuka dengan motor BMW Motorrad) adalah hal yang benar-benar baru. Ditambah lagi persiapannya juga mepet karena seri ke-3 ARRC akan dihelat kurang dari 2 minggu (28-30 Juni 2019). 

"Saya belum pernah balapan dengan motor 1000 cc. Saya juga belum pernah balapan di Suzuka. Jadi, semuanya benar-benar baru buat saya. Tapi, ini bukan beban melainkan konsekuensi yang harus saya hadapi," buka Adrian di markas BMW Motorrad Indonesia, Jakarta Selatan (20/6). 

Meski begitu, Adrian cukup percaya diri bisa beradaptasi dengan cepat. Apalagi, pembalap 26 tahun ini juga didukung oleh tim mekanik asal Jerman yang mendukung penuh tim asal Malaysia tersebut. Bukti nyatanya bahkan sudah terlihat di mana pembalap utama OneXOX TKKR SAG, Azlan Shah Kamaruzaman bercokol di puncak klasemen sementara ASB1000.

"Nantinya mereka juga akan membagikan data dari Azlan. Paling utama pasti data telemetri. Ini penting buat saya yang belum pernah balapan dengan BMW S1000RR. Selain itu, tim juga sudah pernah punya data motor di Suzuka saat balapan ketahanan Suzuka 8 Hours," terang Adrian kepada Otospirit.com

Selebihnya, dia baru akan melakukan setup untuk riding position setelah tiba di Jepang. Selain posisi jok dan foot step, Adrian juga lebih fokus pada pengaturan posisi setang. Selanjutnya, mantan pembalap World Supersport 300 (WSSP300) ini bakal coba mengenal lintasan Suzuka dengan cara menonton tayangan balapan ARRC di Sirkuit Suzuka terdahulu. 

Partisipasinya di arena ASB1000 juga tak lepas dari peran PT Pertamina Lubricants. Sejak berkompetisi di Asian Championship 600 cc, European Junior Cup (Superbike Championship), Bike Promotion 1st Series Spain hingga WSSP300, PT Pertamina Lubricants selalu hadir menjadi sponsor pribadinya. Pada balapan ASB1000 ini mereka mengusung salah satu pelumas mesin motor andalannya yaitu Pertamina Enduro.  

"Adrian adalah salah satu pembalap Indonesia berpotensi dan memiliki masa depan yang baik. Kami melihat Adrian bisa terus berkembang dan ini merupakan komitmen PT Pertamina Lubricants untuk terus mendukung anak bangsa agar berprestasi. Sekaligus juga menjadi bentuk dari dukungan kami terhadap program pemerinta untuk menyelenggarakan Grand Prix di Mandalika 2021," ujar Andria Nusa, Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubrincants. 

Walaupun terdaftar sebagai wildcard, Adrian menegaskan bakal tampil hingga akhir musim ARRC 2019. Setelah seri Suzuka, masyarakat Indonesia bisa kembali melihat penampilan Adrian di ASB1000 pada seri selanjutnya di Zhuhai International Circuit, China (9-11 Agustus 2019), Sepang International Circuit, Malaysia (19-22 September 2019) dan terakhir di Chang International Circuit, Thailand pada 29 November-1 Desember 2019 mendatang. 

"Saya yakin siap untuk kembali balapan dan tentunya mempersiapkan diri dengan beragam macam persiapan fisik serta beradaptasi dengan BMW S1000RR berkat bantuan BMW Motorrad Indonesia. Apalagi, tim OneXOX TKKR SAG Racing adalah salah satu tim terbaik. Saya akan berusaha membanggakan nama Indonesia," tutup Adrian. [Ary/Idr]


Komentar