Bentley Bentayga Pikes Peak Dirilis Usai Cetak Rekor Baru Share this
Balap Lain
Mode baca

Bentley Bentayga Pikes Peak Dirilis Usai Cetak Rekor Baru

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 26 Juni 2018

CREWE - Bentley Bentayga sukses menaklukkan perbukitan Pikes Peak, Colorado, Amerika Serikat dengan torehan waktu yang mengagumkan.

Tak ingin kalah dengan sport car hingga super car, Bentley Motors juga menurunkan salah satu unit produksinya, Bentley Bentayga di ajang Pikes Peak International Hill Climb.

Meski dikenal memiliki lay out rumit, SUV tersebut mampu melakoni sesi time attack dengan baik. Alhasil, Rhys Millen mampu memaksimalkan mesin W12 bertenaga 608 hp dan torsi 900 Nm yang dibekali pada mobil ini. Hebatnya, Ia melahap trek setinggi 1.524 meter dan 156 tikungan dalam waktu 10 menit 49,9 detik dengan kecepatan rata-rata 107 km/jam.

Rhys Millen Bentley Bentayga Pikes Peak

Menariknya lagi, torehan ini ternyata lebih cepat hampir 2 detik dari catatan sebelumnya. Namun, ada beberapa ubahan yang dilakukan guna menunjang pencapaian lebih baik. Bentley Bentayga itu mendapatkan pasokan perangkat baru seperti suspensi udara adaptif, anti-roll control elektrik 48V dan rem karbon keramik.

"Mesinnya benar-benar luar biasa. SUV mewah dengan modifikasi minim mencatat waktu di bawah 11 menit. Sepanjang jalan mobil ini memiliki grip maksimal, sehingga memberikan saya kepercayaan diri untuk terus memacunya," ujar pembalap yang juga pernah sukses sebagai drifter itu.

Pemilik tim Rhys Millen Racing sekaligus juara time attack di event itu juga menyatakan kebanggaannya bisa menjadi bagian dari pencatat prestasi Bentley. Ia juga manambahkan hal ini merupakan apresiasi bagi semua orang yang terlibat di dalam proyek Bentley Bentayga.

"Rekor ini membuktikan kemampuan dinamis dari Bentayga. Apalagi, Bentley Motors adalah satu-satunya perusahaan otomotif dunia yang dapat menggabungkan unsur kemewahan dan kinerja menakjubkan. Selamat untuk Bentley Motosprot dan Rhys Millen beserta timnya," ungkap Chris Craft selaku salah satu anggota dewan Sales & Marketing Bentley.

Agar lolos sebagai salah satu peserta, Bentley Bentayga harus memenuhi regulasi untuk balapan. Mulai dari pemasangan jok balap, roll cage, alat pemadam kebakaran, ban spek balap dari Pirelli hingga knalpot Akrapovic serta diwajibkan menanggalkan kursi belakang. Penampilannya di ajang tahunan itu juga mencolok lantaran menggunakan kelir Radium Satin dilengkapi aksen krom hitam dan bodi kit serat karbon.

Sebagai bentuk perayaan rekor sekaligus penghormatan terhadap mesin W12 mereka, Bentley mengumumkan akan menjual versi Bentley Bentayga Pikes Peak sebagai unit limited edition. Rencananya pihak pabrikan hanya akan membuat sebanyak 10 unit saja dan bisa dipesan mulai Agustus 2018 oleh pelanggan di Amerika Serikat dan Eropa. Namun, harganya tidak diungkap pada kesempatan tersebut. [Ary/Ari]


Komentar