Benelli Hidupkan Kembali Tornado 302r Share this
Berita Motor
Mode baca

Benelli Hidupkan Kembali Tornado 302r

Denny Basudewa
pada 26 September 2017

Foto: Benelli 302r

PESARO – Benelli membangkitkan kembali Tornado 302r dan sudah mengantungi lisensi emisi Euro4.

Motor asal Italia dengan manufaktur China ini kembali mengenalkan motor yang dahulu dikenal dengan nama Tornado 302r. Motor sport fairing tersebut pertama kali dipamerkan pada pameran otomotif khusus roda dua EICMA 2015.

Hadir kembali kuda besi tersebut kini bernama Benelli 302r. Dengan nama baru, motor ini menggunakan desain grafis baru, Euro4 Compliance, dan Moniker baru.

Benelli 302r tetapp menggunakan mesin 300cc parallel-twin yang diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 38 hp pada 1.000 rpm dan torsi sebesar 27,4 Nm pada 9.000 rpm. Jantung pacu tersebut dikawinkan dengan transmisi enam-percepatan dan bisa menampung 14 liter bahan bakar.

Benelli 302r ini ditujukan untuk pasar Eropa, namun tidak menutup kemungkinan untuk dipasarkan di negeri Paman Sam. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa motor ini ditawarkan di AS, dengan menggunakan mode naked bike.

Motor yang diproduksi di China ini dianggap dapat menggairahkan pasar dengan harga yang murah. Lebih jauh jika dibandingkan dengan motor buatan Jepang yang lebih dahulu meramaikan pasar. Seperti diketahui kendaraan yang diproduksi di China pada umumnya dibanderol murah.

Kestabilan motor dijamin dengan suspensi depan model upside down (USD). Sedangkan pada bagian belakang perangkat peredam kejut motor ini dilengkapi fitur adjustable preload.

Dari segi keamanan, motor ini dibekali kombinasi ban lebar yakni 110/70 pada bagian depan dan 150/60 untuk belakang. Benelli 302r menggunakan empat piston pada kaliper cakram depan maupun belakang.

Sementara untuk disk brake depan menggunakan piringan berdiameter 260mm dan 240mm untuk belakang. Benelli 302r dilengkapi dengan sistem pengereman ABS guna menjamin keselamatan penggunanya.

Benelli 302r ditawarkan dengan tiga pilihan warna menarik seperti White/Red, Silver/Green dan Black/Red. [Dew/Ikh]


Komentar